Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Hal yang harus disiapkan sebelum Menikah

Persiapan Menikah

Tentang Menikah,

Ketika kamu memutuskan untuk menghabiskan hidup bersama seseorang, apa yang menjadi pertimbanganmu? apakah karna cinta yang menggebu?? apakah karena dia yang tak tergantikan dimatamu?? ataukah karena dia pilihan orang tuamu??..

Banyak alasan untuk menikah dan terkadang alasan tersebut tidak bisa kita ungkapkan.. Apapun itu, dia yang kamu pilih itu merupakan dia yang terbaik dari yang terbaik..

Namun, persoalan tak hanya berhenti sampai situ.. ketika kamu sudah menyetujui untuk menua bersama dia, kamu dihadapkan dengan persoalan lain yaitu "Persiapan Pernikahan"..

Melihat temanmu yang sudah menikah terasa menyenangkan sekali.. Gaun yang indah, dekorasi yang memukau, foto prawed yang unik, seragam keluarga dan temannya yang kompak, acara bridal shower yang menggoda serta honeymoon yang romantis.. Membuatmu tidak sabar ingin merasakannya juga.. Namun, setelah kamu menjalaninya sendiri ternyata tidak mudah untuk direalisasikan..

Kenapa? khususnya untuk kamu pasangan yang seperti kami. Dimana kami berprinsip sebisa mungkin tidak menyusahkan orang tua.. jujur itu berat.. kecuali gajimu dan tabunganmu sudah banyak.. Sedangkan untuk seseorang yang baru berkerja apalagi kerjanya jauh dirantau orang itu ada tantangannya sendiri..

Disini tidak bermaksud menyinggung siapapun, ini hanya pendapat saya saja ya.. Orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya, sama orang tua sayapun begitu.. tapi untuk menciptakan sebuah pesta yang bagus tentu ada harga yang juga harus dibayar.. semakin ingin bagus, semakin tipis dompet kita.. -___- jadi yaa secukupnya sajalah, sesuai kemampuan.. 

Bagi saya "Pernikahan itu yang terpenting adalah makna dan doanya.. bukan mewahnya.."

Oleh karena alasan diatas sebisa mungkin kita harus pandai memilih.. Mana yang perlu dan yang tidak perlu.. Apapun itu disesuaikan dengan budget yang kita punya terus tutup kuping.. Ga perlu dengar komentar orang mengenai konsep pernikahan kita, yang penting kita sah jadi suami-istri dan bahagia.. 

Udah, itu aja.. soalnya kan bahagia itu sebenernya simple..

Saya mau cerita persiapan pernikahan saya sama revi dari awal sampai selesai nih.. 

Setelah Revi saya kenalin ke Ayah saya dan direstui, darisitu kami mulai berhemat dan menabung. Kami jarang nge-date, jarang makan di luar, ga banyak belanja online dan menghambur-hamburkan uang yang ga perlu.. Bukannya pelit, tapi demi bisa halal tanpa ngerepotin orang tua apa salahnya kan??. n__n

Hal pertama yang Saya dan Revi lakukan setelah menabung adalah berusaha keras mencari WO yang bagus tapi harganya terjangkau. Kenapa pake WO? Karena kami jauh dan ga mau nyusahin keluarga di Bandung..

Kedua, kami keluarin semua biaya "wajib" dulu sebelum yang lain. Biaya wajib itu adalah biaya yang ga boleh ga ada seperti Mahar dan Administrasi KUA. Nanti kalau biaya ini ga ada bisa-bisa ga jadi nikah.. haha Biaya ini fleksibel sih sesuai kesepakatan kedua belah pihak (kita dan pasangan yah) meskipun untuk biaya ini 100% dari revi..

Ketiga, kami cari gedung yang murah, luas, terang, bersih, dan parkirannya luas juga. Kenapa murah dulu? Budget terbatas euy soalnya! hahaha.. Kalau udah dapet yang pas, langsung cepet-cepet kami DP-in deh Takut penuh.. Kenapa sih di gedung kalau budget terbatas? pasti itu pertanyaan yang ada di benak kalian kan? Jawabannya soalnya ga memungkinkan untuk mengadakan acara pernikahan di rumah saya. Dulu ajah pas sunatan adek saya udh sesek sama orang, apalagi nikahan kan yang pastinya undangannya lebih banyak. Jadi yaudah deh, kami pilih di gedung aja biar luas dan leluasa. toh kami kan cari yang murah juga :P

Selanjutnya yang keempat, saya dan revi cicil-cicil beli hantaran. Saya beli yang bener-bener saya pake ajah biar bermanfaat. Soalnya kalo beli ngejar merk biar keren atau apalah itu belum tentu cocok sama saya.. Sayang udah kukumpul uang malah ga di pake..

Kelima, soal baju-bajuan yang merupakan cost sepele tapi lumayan juga nih sebenernya jadi harus bener-bener diperhitungkan yaa.. Untuk baju pengantin dan keluarga inti saya ternyata langsung dapet sepaket gitu dari WOnya.. beruntungnya sayaa... wkwkwk.. Untuk seragam keluarga besar, kami patungan gitu setengah harga dari ibu saya sisanya dari keluarga saya.. Terus saya ga pake seragam bridesmaid, temen-temen saya aja yang inisiatif janjian pake baju samaan.. hihihi.. maaf ya mentemen..

Keenam, Akomodasi.. Berhubung keluarga pihak Revi bukan orang deket dan sedaerah, maka saya perlu siapkan Tiket Pesawat dan sewa hotel, untuk hal ini kami beli dari jauh hari dan pas ada promo biar murah.. hehe 

yang lain-lain kaya honeymoon, prewedding saya ga pake juga.. Soalnya yang penting kami sah aja dulu.. Toh nantipun bisa foto-foto dan jalan berdua, lebih enak lagi karena udah nikah jadi leluasa.. n__n

Segitu aja sih cerita persiapan pernikahan saya sama revi kemarin.. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan diluar ekspetasi saya.. WO yang saya pilih ini bener-bener keren, buat yang perlu CPnya bisa hubungi saya pake e-mail yaa.. 

Saya paling seneng ketika semua keluarga besar, sahabat, teman, begitupun dengan para tamu bisa hadir semua, mendoakan dan menikmati resepsi pernikahan kami.. 

Sekian cerita dari saya, nanti kita lanjut lagi dengan cerita After Merriednya saya sama Revi ya.. :)