Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Tentang Berjuang Ingin Melahirkan Normal


Pernah ga sih kamu lagi berjuang terus di jatuhin terus sama orang lain yang sama sekali ga ngerti apa-apa soal dirimu dan apa yang sedang kamu perjuangkan? kalo pernah, kita sama.. Toss dulu atuh ! haha

Apa yang kamu lakuin ketika hal tersebut terjadi? Marah? Nangis? atau apa? Kalau saya mah diemin ajalah anggap radio rusak.. percuma juga sih kalo kita tanggepin cuma buang-buang energi. hehehe

Jadi gini, kan saya sekarang lagi hamil 8 bulan.. Saya pingin banget bisa lahiran normal nanti, soalnya ada beberapa alasan yang saya pertimbangkan, yaitu :
  1. Saya pengen cepet sehat seudah lahiran. Berdasarkan cerita pengalaman dari temen-temen saya sih katanya lahiran normal lebih cepat pulih dibandingkan sesar. Kenapa saya pengen cepat sehat? soalnya saya cuma berdua nih sama suami di perantauan.. Saya ga pulang kampung dan melahirkan disana seperti kebanyakan orang.. Ceritanya sih mau belajar mandiri terus kasian sama revi kalau dia sendirian dan ga bisa liat tumbuh kembang anaknya.. Kami buatnya bareng, jadi sebisa mungkin ngurusnyapun bareng juga dong :P. So, kalo saya lama sembuh setelah melahirkan nanti, anak saya siapa yang megang? Jadi ya sebisa mungkin harus cepet sehat biar bisa maksimal ngurus si kecil nantinya..
  2. Saya pengen ngerasain rasanya bukaan demi bukaan itu kaya gimana. Ini rada aneh sih.. Tapi ya saya pingin ngerasain kaya gimana sih ibu saya dulu melahirkan saya.. Secara dulu saya dilahirkan secara normal oleh ibu saya.. Jadi yah biar ada we cerita yang bisa saya dan suami saya kenang di setiap bukaan dalam melahirkan si kecil. :)
  3. Lagi-lagi karena normal penyembuhannya lebih cepat sementara saya punya jatah cuti yang terbatas, jadi saya pingin selama saya cuti nanti itu saya fokus menjalani quality time sama anak saya, bukan repot sama penyembuhan diri saya sendiri. :)
Itu sih alasan saya memperjuangkan banget biar bisa lahiran normal. Tapi disini bukan berarti saya ga mau lahiran sesar atau lainnya yaa.. Intinya sih kalau tidak ada masalah dengan saya dan kandungan saya, saya usahain ingin melahirkan secara normal, tapi kalau pas lahiran nanti saya memang harus melahirkan secara sesar demi keselamatan saya dan bayi saya, saya akan melakukannya juga kok. Karena pada dasarnya yang penting anak saya lahir dengan selamat tanpa kurang apapun.

Alhamdulillah selama pemeriksaan sampai bulan ke-8 ini sih dokter bilang ga ada masalah sama saya dan kandungan saya jadi ya insyaallah bisa lahiran normal. Saya coba jelaskan kondisi kehamilan saya pada bulan ke-8 ini berdasarkan penjelasan dokter yaa..
  • Posisi bayi saya sudah di bawah dan mengarah ke jalan lahir.
  • Berat bayi saya kebesaran untuk usianya yaitu 2.5kg di usia kehamilan 31 minggu, jadi saya disuruh kurangi porsi makan manis biar nanti pas lahiran ga besar banget.
  • Besar pinggul saya oke buat ngelahirin bayi sampai bobot 4 kg katanya, tapi tetep aja ga mau besar banget anaknya.
  • Air ketuban saya cukup.
  • Kondisi bayi bagus, sesuai dan normal.
  • Bayi saya tidak terlilit tali pusar.
  • Kondisi saya sendiri juga bagus, saya kemarin di cek hb, gula darah, dan urin. Alhamdulillah hasilnya normal semua.
Dari hasil cek itu saya jadi makin semangat dong buat lahiran normal.. Saya mulai jalan-jalan santai tiap pagi hari, banyakin sujud dan nungging biar posisi bayi tidak berubah untuk tetap di bawah. Dalam benak saya yang penting saya sudah berusaha, apapun hasilnya nanti yang penting anak saya bisa lahir dengan selamat tanpa kurang apapun :)

But, entah kenapa ya.. entah karena saya lagi baperan atau gimana.. Banyak banget orang yang seenaknya menjudge saya.. Seenaknya bilang kalau orang seperti saya ini pasti lahirannya sesar. Emangnya saya orang seperti apa? So tau banget kan mereka itu.. Nganter saya ke dokter kandungan aja ga pernah, tau kondisi saya dan bayi saja engga tapi seenaknya aja bilang-bilang kaya gitu.. huft.. Tidak berkeprimanusiaan sekali kan orang-orang yang bermulut seperti itu !.

Untungnya sih saya orangnya sabar dan ga pedulian, jadi ya bodo amat lah sama omongan-omongan seperti itu.. Suami saya yang suka ngebela saya kalau ada yang nge-bully kaya gitu, Terbaik kan suami saya itu !. Yaa.. Dia selalu bilang "ga usah di fikir dan di dengar, yang tau kan kita.. Toh selama cek kandungan aja semuanya normal dan baik-baik aja kan? mereka bukan dokter, tau aja kondisi kamu engga, nikah aja belum so so an bilang-bilang untuk orang". Merekapun diam kalau suami saya udah bilang gitu dan sayapun tenang.. Love you biza :*

Saya sih bukannya ga mau denger masukan dari orang lain ya.. Seneng malah kalau bisa sharing tentang kehamilan dan parenting, secara ini kan anak pertama saya dimana saya banyak belum tau. Tapi ya jangan di judge seenaknya aja seakan tau segala yang terbaik untuk saya tapi ga mau tau tentang kondisi saya.. hmm..

Oh iya.. di bulan ke-8 ini saya dan suami makin kompak loh.. Kami sama-sama ga sabar menanti sang buah hati tercinta ini.. Kami juga sama-sama siapin semua perlengkapan si kecil.. Dari mulai belanja, beresin bajunya sampe iseng nyuruh bayi di perut ini buat nyobain bajunya.. hehehe. Meski nantinya kami ga berduaan lagi tapi kayaknya bakalan lebih seru dengan kehadirannya dia nanti..

Saya berharap bisa jadi ibu yang baik buat anak-anak saya kelak.. Saya ingin bukan cuma jadi ibu yang mengandungnya 9 bulan terus melahirkannya ke dunia, lebih dari itu saya ingin si kecil nanti jadi anak yang lebih baik dari saya dalam segala hal. Jadi ya otomatis saya harus bisa mendidik dan membesarkannya dengan benar, agar kelak dia tumbuh dengan baik.. Caranya ya dengan saya juga harus bekerja keras jadi lebih baik.. Ibadahnya lebih rajin, kerja cari uangnya lebih giat, dan terus mengupgrade kemampuan saya dalam berbagai hal jadi kalau anak saya nanyain atau minta tolong sama saya teh saya bisa.. :) Duh bahasanya..

Oke sekian curhatan diskusi saya mengenai perjuangan saya ingin melahirkan normal, semoga harapan saya ini bisa diijabah sama Allah SWT.. aamiin.. Buat yang mengalami hal sama seperti saya, keep be strong ya.. n_n