Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SHARING PERJALANAN TERAPI BICARA KAHFI

Terapi Bicara Anak


Cerita awal kahfi terapi..


Banyak orang penasaran setiap mika share foto ruangan terapi kahfi seperti di foto ini.. Banyak orang mengira kahfi mengalami masalah kesehatan yang serius sehingga harus sampai di terapi.. Padahal bukan masalah kesehatan yang gimana-gimana melainkan masalah tumbuh-kembang.. Darimana mika tau kahfi ada masalah tumbuh kembang?. Mika selalu update melihat tabel-tabel seperti ini buibu.. Lalu mika nilai sendiri deh apakah perkembangan anak sudah sesuai usianya atau belum,, Nah, pada kasus kahfi mika merasa bagian komunikasi/berbicara ada keterlambatan.. Coba buibu cek juga perkembangan anaknya apakah sudah sesuai tabel di bawah ini atau belum ya..
 
Tabel tahap perkembangan anak

Saat mengetahui adanya keterlambatan tumbuh-kembang pada anak, ibu pasti panik dan bingung.. Sama, mikapun pertamanya bingung harus kaya gimana.. Tapi mika terus mencari cara untuk bisa memperbaiki apapun yang salah dari pola pengasuhan mika selama ini.. Mika masih percaya bahwa mika belum terlambat untuk memperbaiki keadaan.. Supaya lebih tau apa itu speech delay bisa di baca di link bawah ini..


Akhirnya setelah sekian lama bersabar, kahfi bisa juga mika bawa terapi tumbuh-kembang ke Rumah Sakit Ibu dan Anak.. Setelah menjalani konsultasi dokter dan beberapa kali terapi kahfi divonis mengalami keterlambatan 1 tahun dari usianya sekarang.. Mendengar hal itu mika sebenernya sangat sedih.. lebih ke merasa bersalah sih.. Tapi yaudahlah mika coba untuk tetap tenang dan yakin bahwa "Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya". Mika bersyukur karena bisa bawa kahfi terapi seperti ini, sehingga mika jadi lebih paham mengenai permasalahan kahfi dan tau juga harus kaya gimana supaya bisa membantu menstimulasi kahfi agar bisa mengejar keterlambatannya ini..

Untuk buibu yang mengalami hal yang sama seperti mika jangan berkecil hati ya.. Segera bawa anaknya ke klinik tumbuh-kembang terdekat.. Lebih cepat lebih baik.. Oh iya, untuk terapi bicara seperti ini ada fasilitas BPJS juga loh jadi ga perlu khawatir masalah biaya.. Lumayan, karena sekali terapi biasanya mengeluarkan biaya sekitar 150rb/sesi dan seminggu itu 2 kali sesi. Tapi tetep ya buibu selain terapi perlu juga di stimulasi di rumah oleh kita sendiri.. Karena apalah di tempat terapi paling lama hanya 1 jam sementara anak kan lamanya sama kita.. 


Faktor penyebab anak lambat berkembang


Faktor penyebab anak lambat berkembang ada banyak.. Pada kasus kahfi ini setelah melakukan riset dan wawancara disimpulkan bahwa penyebab utamanya adalah pada saat proses lahiran.. Flash back sedikit ya.. Waktu itu ketuban mika rembes sementara bukaannya masih bukaan 1.. Mika nunggu sampai 12 jam (sampai diinduksi 2x) untuk bisa lahiran normal dan gagal karena bukaan ga nambah sementara kondisi bayi sudah lemas, akhirnya mika di operasi.. Ketika lahir kahfi tidak menangis, dia masuk ruang perinatal dengan diagnosa fetal disstress. Untuk cerita lengkapnya pas mika lahiran kahfi ada di link bawah ini yaa..


Akibat stress yang dialami kahfi saat lahir itu menyebabkan perkembangannya tidak sempurna. Kadar oksigen yang kurang dan kahfi yang tidak menangis pada saat itu katanya mempengaruhi sensori-sensorinya. Selain itu proses menyusui yang tidak sempurna, pemberian dot dan kompeng, lambatnya naik tekstur pada saat mpasi, serta kurangnya stimulasi juga membuatnya semakin parah.. 

Kalau difikir-fikir ribet kali kan ya punya anak itu? haha.. Kok bisa ya ibu kita di jaman dulu sellow aja ngerawat kita ?. Jawabannya adalah karena dulu akses informasi mengenai hal seperti ini sangat minim jadinya yaudah ga ribet banget kaya kita gini kesannya.. Kitapun sebenernya bukan ingin ngeribetin diri sendiri, hanya saja membesarkan anak dengan baik perlu usaha juga bukan?.. Dengan perkembangan zaman dan teknologi seperti sekarang ini dan masa depan yang pasti lebih canggih dari saat ini kita harus bisa menyiapkan anak kita supaya bisa struggle. Yakinlah setiap ibu pasti ingin selalu memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya..

Faktor penyebab keterlambatan perkembangan antara anak satu dan anak lainnya pasti berbeda-beda ya buibu.. yang mika ceritakan ini adalah yang versi kahfi setelah konsul dokter dan melakukan beberapa terapi.. Bisa saja terapi yang di anjurkan dokter terhadap anak ibu beda dengan yang mika ceritakan disini.. Intinya jangan ragu dan nunggu lama untuk membawa anak ke dokter tumbuh-kembang apabila buibu sudah merasa ada tanda-tanda keterlambatan pada anaknya ya..

Terapi yang dijalani kahfi


Untuk terapi yang di anjurkan dokter untuk kahfi ada 3, yaitu :
    
1. Psikolog

Di psikolog ini mika dan biza diijinkan masuk untuk pertama kalinya.. Mika lihat kahfi diberikan mainan kaya kubus gitu disuruh masuk-masukin satu persatu dan dia bisa, lalu di ganti dengan mencocokan puzzle dia bisa juga.. Hanya saja pada saat di beri intruksi untuk menyebutkan nama puzzlenya baru di boleh dimasukin dia mulai tantrum saking ga mau mengeluarkan suaranya. Kemudian saat mika dan biza tinggal sendirian di dalam dia makin tantrum dan menangis.

Intinya di psikolog ini kahfi diajarkan cara menyikapi masalah. Dia diajarkan untuk membereskan sesuatu yang sudah dia mulai, dan berusaha mengikuti intruksi yang diberikan.. Meskipun di awali dengan menangis, alhamdulillah setelah beberapa kali terapi dengan psikolog kahfi mulai paham arti sabar, paham akan perintah, bisa baca ekspresi lawan bicaranya dan lebih bisa duduk tenang..

2. Okupasi

Pada saat terapi okupasi kebetulan mika ga ikut mengantar kahfi jadi ga begitu tau prosesnya, hanya saja kata biza kahfi di urut-urut titik sensori di lehernya, di sikat kakinya, dan di pijit tangannya.. Selama proses itu kahfi di pegang dong karena dia bukan anak yang suka di sentuh. Sampai hari ini baru 2 kali kahfi terapi okupasi karena di rumah sakit mika ini jadwal okupasinya sangat padat jadi ngantri dapetnya lama..

Untuk hasil dari okupasi ini sendiri karena baru 2 kali dateng mika belum lihat secara spesifik sih.. Hanya kalau kata biza kahfi banyak perubahan setelah di okupasi ini dan sepertinya kahfi perlu lebih banyak okupasinya supaya sensori oromotornya semakin berkembang.. peer yang di kasih terapist okupasi kahfi adalah mika harus lebih rajin melatih kognitif kahfi supaya di masa depan kahfi tidak ketinggalan pelajaran saat sekolah..

Cuss.. Langsung mika belajar mengenai pembelajaran kognitif anak dan ngeborong mainan-mainan yang bisa mengasah otak anak dong buibu.. hahaha.. sekedar sharing untuk mainan pengasah kognitif anak itu seperti puzzle, permainan sortasi, dan penyocokan bentuk gitu ya buibu..

3. Wicara

Terapi wicara adalah terapi yang membuat kahfi menjadi banyak mengeluarkan suara. Saat ini kahfi sedang senang sekali membeo alias mengucapkan kembali apa yang dia dengar.. Menurut mika ini lumayan pesat karena sebelumnya kahfi sama sekali tidak berminat mengeluarkan suara apapun kecuali menyanyi loh buibu.. Disini kahfi di ajarkan cara melafalkan kata dengan benar.. Pokoknya kalau kahfi mau apapun di paksa harus bicara.. Alhamdulillahnya sekarang kalau mau apapun dia sudah berusaha untuk bilang, tidak main tunjuk-tunjuk lagi seperti dulu..

Peer dari terapi wicara ini adalah mika harus bisa membuat kahfi paham mana pertanyaan dan mana pernyataan supaya kahfi tidak banyak membeo. Dia perlu mengerti apa yang kita bicarakan supaya tercipta komunikasi yang baik. Inti dari terapi ini kan ingin kahfi lancar bicara supaya bisa berkomunikasi dengan lancar.


Nah, segitu mungkin yang bisa mika share dari perjalanan terapi kahfi hingga hari ini.. Semoga cerita mika ini bisa bermanfaat bagi buibu semua ya.. Jangan menyerah terhadap anak, anak itu anugrah yang harus kita rawat dan jaga sebaik-baiknya.. Jangan lupa ucapkan juga terimakasih kepada anak ketika dia sudah mau berusaha melakukan yang terbaik.. Sama halnya seperti kita yang butuh pengakuan.. Anak juga begitu..

Terakhir dari mika yang paling anak butuhkan adalah support orang tuanya, maka jangan pernah berhenti mendukung anak kita selama itu untuk kebaikan..

Support Untuk Kahfi
Support dari mika dan biza untuk kahfi

Post a Comment for "SHARING PERJALANAN TERAPI BICARA KAHFI"