Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Tentang Kehamilan (Part 2)

Kehamilan
Gambar: Perkembangan Janin

Sesuai janji saya sebelumnya di tulisan saya, saya mau lanjutin cerita tentang kehamilan dari trisemester 2 sampai trisemester 3. Harap di baca dahulu tulisan saya yang sebelumnya biar nyambung di Cerita Tentang Kehamilan ini yaa.

Kehamilan Trisemester 2

Di masa kehamilan trisemester 2 ini merupakan masa kehamilan yang enak banget dibandingkan masa-masa kehamilan sebelum dan sesudahnya menurut saya. Soalnya di usia kehamilan ini saya udah ga mual dan muntah lagi. n_n. Makan apapun mau, saking enaknya makan berat badan saya langsung naik drastis.. :p

Saya ngerasa badan saya udah fit lagi alias ga cepet sakit dan lemes.. Enaklah pokoknya, saya bisa kerja dengan maksimal, bisa masak lagi (sebelumnya ga bisa karena tiap nyium bau bumbu saya mual), perut saya udah keliatan kaya orang hamil alias membesar, dan saya bisa enak jalan-jalan ke mall lagi. wkwkwk

Di usia kehamilan 4-6 bulan ini saya rasa tidak ada keluhan yang berarti cuma cepet ngantuk aja. Hal yang paling saya senangi adalah ketika bisa merasakan gerakan-gerakan janin saya. Rasanya itu loh.. Ga bisa di ungkapkan.. Masih ada rasa ga percaya kalau saya akan jadi seorang ibu :). Gerakan janin saya pada usia ini biasanya kaya muter-muter gitu tapi ayahnya kadang ga bisa ngerasain gerakan janin saya karena mungkin ukuran janin saya waktu itu masih kecil..

Pada saat saya kontrol kandungan usia 21 minggu, jenis kelamin anak saya udah makin jelas. Kata dokter dia fix laki-laki kayak ayahnya, jadi kami mulai disuruh untuk nyiapin nama.. Udah ada sih, dari awal hamil saya ingin memberikan bayi saya ini "kahfi". Tapi kata Revi namanya cowo banget kalau anaknya cewe kurang pas.. Alhamdulillah anaknya cowok jadi pas dong kalau saya kasih dia nama kahfi :). Mungkin itulah yang dinamakan firasat seorang ibu yaa.. hehe.. semoga kelak dia bisa jadi anak yang sholeh, penebar kebaikan dan menyayangi kami orang tuanya.. Aamiin..

Oh ya, berhubung perut semakin membesar, muncullah garis-garis cinta di perut saya. Rasanya itulooh gatel banget, tapi ga boleh di garuk soalnya takut membekas. Jadinya saya rutin pakein baby oil aja dan itu lumayan banget ngurangin rasa gatalnya. Bisalah buibu coba kalau mengalami strechmark di perut seperti saya..

Sangking nyamannya sama masa kehamilan ini saya ngerasa waktu cepet banget berlalu.. Beda banget sama masa awal kehamilan yang rasanya lamaaaa banget buat di jalani.. hehe.. Tapi apapun itu saya nikmatin banget loh masa-masa kehamilan ini.. Soalnya hamil itu enak saya jadi makin dimanja suami.. hehe :p

Kehamilan Trisemester 3

Oke selanjutnya masa kehamilan terakhir yang sekarang sedang saya jalani ini.. Masa kehamilan akhir atau trisemester 3 ini adalah di usia kehamilan 7-9 bulan. Dimasa ini rasanya badan makin berat dan gerak jadi terbatas karena perut dan bayi di perut saya cepet banget gedenya. Berat badan saya aja naik 20kg, itu membuat saya terkejut.. Tapi tetep aja banyak makan :p. Niatnya ingin diet, tapi gagal terus.. Kalau saya kurangi makan, magh saya kambuh dan si kecil ga bisa diem seakan demo di perut saya. Jadi yaudahlah saya makan aja.. Lagian dokterpun masih bilang normal (alasan).. :) hehe

Seperti yang saya bilang sebelumnya, gerakan saya sekarang jadi terbatas gitu dan mager banget buat ngapa-ngapain. Tapi tetep loh kita ga boleh diem-diem aja dan harus banyak gerak supaya sehat. Makanya di usia kehamilan sekarang, saya rutin banget jalan tiap pagi di temenin suami tercinta dan ikut senam hamil. Kerasa banget sama saya kalau saya banyak gerak itu apalagi seudah senam hamil badan saya jadi seger banget, tapi perlu diinget jangan sampe kecapean juga ya buibu.. :)

Pada hari ini, usia kehamilan saya udah masuk 37 minggu.. Kemarin terakhir cek sama dokter (sekitar 3 hari yang lalu) katanya anak saya sudah di posisi mau lahir, letaknya di panggul dan kepalanya udah di pintu lahir. Saya diminta untuk siap-siap karena kapanpun anak saya bisa lahir. Jadi pada minggu depan saya udah putusin untuk mulai cuti, soalnya saya mau siap-siap dan instirahat aja di rumah karena badan udah cape dan saya sering mengalami kontraksi palsu..

Ngomongin kontraksi palsu, dari usia kandungan 32 minggu sampai sekarang saya sering banget ngerasain kontraksi palsu. Rasanya itu kaya nyut-nyutan di bagian perut kaya keram mau haid gitu tapi kalau kita rubah posisi sakitnya ilang.. Kebanyakan sih kalau lagi kontraksi saya suka baring ke sebelah kiri dan langsung enakan.. Pokoknya kalau buibu mengalami kontraksi palsu seperti saya buibu langsung baring aja ke posisi yang bikin buibu sekalian nyaman, terus jangan usap-usap perutnya karena itu malah bikin kontraksinya jadi lama kata bidan saya. Kontraksi palsu itu biasanya disebabkan karena kecapean, makanya kalau kontraksi, saya langsung tiduran biar rileks.. :)

Bedanya kontraksi palsu dengan kontraksi asli kata dokter saya adalah kalau kontraksi asli meskipun kita rubah posisi, sakitnya ga akan hilang terus kambuhnya itu teratur misalnya 10 menit sekali. Nah, kalau kontraksinya udh berlangsung 3 kali dalam 10 menit, itu artinya kita harus segera kerumah sakit karena kita akan lahiran. Jadi buibu harus selalu siap ya, dipantau terus kontraksinya pake aplikasi di hp biar kita tau kapan waktunya kita harus ke rumah sakit. :)

Oh iya, di trisemester 3 ini selain sering kontraksi palsu, saya juga mengalami pembengkakan pada bagian kaki dan tangan saya. Bahkan jari tangan saya seringkali merasa kebas gitu.. Buat buibu yang mengalami hal yang sama seperti saya, buibu ga perlu khawatir karena itu wajar terjadi pada ibu hamil periode akhir. Kalau kebas buibu tinggal rendam aja pakai air hangat dan di pijit lembut, pasti langsung enakan :)

Jangan lupa untuk buibu yang udah di trisemester  ini untuk siap-siapin perlengkapan untuk bayi dan melahirkan nanti, ga usah bingung.. sebelumnya saya udah pernah sharing juga disini.

Nah itulah dia cerita tentang kehamilan saya dari awal, tengah dan akhir.. Mudah-mudahan bisa bermanfaat yaa.. yuk atuh buat buibu yang punya cerita kehamilan juga di share sama saya.. di antos yaa.. :)