Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Tentang Perjuangan Beli Rumah Sendiri dari Sebelum Menikah..

Kali ini pengen sharing mengenai rumah nih.. Siapa tau bisa bermanfaat apalagi buat pasangan- pasangan yang kepingin langsung punya rumah sendiri setelah menikah tanpa minta sama orangtua maupun mertua dan ga mau tinggal di PMI (Pondok Mertua Indah) kaya kami..

Cerita sedikit nih.. sesaat setelah saya dan Revi memutuskan untuk menikah, kami langsung kepikiran "nanti kalau udah nikah mau tinggal dimana?".. Soalnya gimana yah ini merupakan hal yang cukup penting bagi kelangsungan hidup kami kelak ke depan ett dah..  :p

Agak rumit juga sih waktu itu ketika mikirin hal ini.. Secara kami sama-sama perantau di Pekanbaru yang mana keluarga saya tinggal di Bandung dan keluarga revi tinggal di Aceh.. Jadinya kami bingung mau tinggal dan menetap di kota mana..

Kami sama-sama kerja di Pekanbaru tapi yang namanya kerja sama perusahaan swasta ya tau sendiri lah harap-harap cemas juga alias ga pasti.. Selama kita masih di perlukan dan perusahaan sayang sama kita, ya kita aman.. tapi kalau engga ya babay.. T___T. Kemarin sih kami coba nyari kerjaan lain, dan SUSAH :P.. Jadi yaudah deh untuk sementara waktu mungkin kami akan bertahan di sini dan berusaha agar terus disayang sama perusahaan aja.. :)

Yap, jadi kami memutuskan untuk tinggal di Pekanbaru dengan beberapa pertimbangan, yaitu :
1. Sumber penghasilan kami di Pekanbaru.
2. Biar bisa belajar mandiri sesudah menikah.
3. Biar masing-masing keluarga kami ga pa sirik-sirik, jadi kami ambil tengah-tengahnya aja.

Selanjutnya kami mikir lagi, tinggal di Pekanbaru ini mau beli rumah atau ngontrak. Saya sih lebih berat ke beli rumah soalnya pengalaman saya nge-kos ampe 2 tahun itu ga enak, terbatas dan rugi aja gitu kita bayar terus uang nge-kos tapi tak bisa memiliki.. Sementara kalau beli rumah uang yang kita keluarin buat nyicilnya kan ga beda jauh sama ngontrak tapi kan nantinya kalau udah lunas jadi milik kita, terus bebas lagi mau kita apa-apain rumahnya sesuka hati kita.. :)

Jadi yaudah kami mutusin beli rumah aja.. ga gampang loh perjuangan kami buat punya rumah sendiri itu.. Pertama masalah biaya, selain nabung buat acara nikahan kami juga harus nabung buat DP rumah sementara gaji kami ga seberapa.. Kedua masalah lokasi, nyari rumah itu kayak nyari jodoh gampang-gampang susah harus dipikirin mateng-mateng karena kita nantinya tinggal di rumah itu ga sebentar dan ga bisa seenaknya pindah-pindah kalo ga betah kaya nge-kos. Ketiga masalah status kami yang masih belum nikah, takut juga kan waktu itu kalau pas udah beli rumah, eh hubungan kandas jadinya ya harus siap dengan segala kemungkinan dengan bikin perjanjian misalnya kalau (amit-amit) hubungan kandas yaudah rumahnya di jual terus uangnya di bagi dua.

Sekarang kalau diinget-inget lagi lucu juga perjuangan kami waktu itu.. Kami berdua bener-bener melakukan pengiritan demi ngumpulin uang DP sambil terus nyari lokasi yang paling nyaman buat ditinggali sambil tidak lupa berdoa banyak-banyak agar hubungan kami baik-baik terus. Untungnya sih kami sama-sama menikmati proses tersebut, kami selalu mikir kalau kami ini lagi refreshing jalan-jalan dan mengalihkan pikiran yang jenuh ketika mikirin persiapan nikahan pas proses nyari rumah itu. Dan ternyata efektif juga sih cara itu buat kami.. n__n

Rumah subsidi di Pekanbaru rata-rata lokasinya pasti jauuuhhh dari kantor saya (paling deket 30 menitan pake motor) :(. Terus kalau mau yang deket-deket kantor saya banyaknya rumah bekas dan harganya tinggi karena rumahnya udah banyak di renovasi.. Galau kan?.. Tapi engga juga sih.. Saya sama Revi terus aja bersabar dan terus nyari-nyari.. n___n

Sampai dengan waktu itu secara ga sengaja kami lewat jalan lain pas mau main ke rumah tantenya revi tetiba ada spanduk gede berisi iklan perumahan yang baru dibuka lokasinya deket kantor kami (sekitar 10 menitanlah kalo ke kantor) dan SUBSIDI.. Langsung aja kami nanya-nanya tuh sama marketingnya soal harga dan spesifikasi bangunan. Setelah di timbang-timbang emang kayaknya perumahan ini yang pas sama standard kami, jadi yaudah kami kasih tanda jadi dan pilih blok deh.. Lagian mau nyari yang gimana lagi kalau udah "pas" ngapain ragu, nanti diambil orang baru nyesel *eaa..

Kami selalu percaya bahwa "Hasil tidak akan pernah menghianati proses", alhamdulillah berkat kesabaran dan kegigihan kami waktu itu, sekarang kami dapet rumah idaman kami.. Rumah yang masih di kota, dekat kemana-mana terutama ke kantor, pasar, juga rumah sakit, tanahnya luas, harga DP dan cicilan yang terjangkau, dapet subsidi dan rumahnya baru di bangun alias kami pemilik pertamanya.. :)

Ga lama dari  kasih tanda jadi kami di kasih form-form yang harus diisi untuk persyaratan kredit ke bank. Kami dikasih waktu seminggu buat ngelengkapin semua berkas yang diperlukan. Selang dua minggu setelah kami kasih berkas yang sudah lengkap, kami di panggil untuk wawancara di bank yang mau ngasih kredit. Proses wawancara ini cuma sebentar tapi nunggunya yang lama.. Nah pas udah wawancara ini kami liat lagi dong ke lokasi rumah yang kami mau beli dan rumah sudah mulai di bangun. Jadi perumahan kami mah baru akan dibangun kalau udah kasih tanda jadi.

Selang waktu dari wawancara ini yang agak lama.. Sekitar dua bulanan baru kami dapet kabar kalau kredit di-acc dan tinggal nunggu akad kredit, cuma untuk akad kredit rumah harus 100% selesai dulu. Jadi setelah rumah selesai di bangun kami langsung dihubungi lagi untuk melaksanakan akad kredit. Kami kebagian jam sore.. Proses akad kredit sendiri terbagi menjadi dua.

Yang pertama proses akad kredit sama pihak bank berhubung bank pemberi kredit kami bank syariah, jadi kami di kasih tau berapa jumlah total kami nyicil rumah sampe lunas, berapa cicilan perbulannya, dijelasin gimana kalau telat bayar dan mau lunasin rumah sebelum waktunya, mastiin lokasi blok dan luas tanah kami sudah cocok dan banyak lagi mengenai proses kredit ini. kalau setuju kami disuruh tanda tangan. kalau ga setuju saya ga tau disuruh ngapain, soalnya rata-rata setuju sih :p. Oh iya, untuk yang sudah menikah, wajib bawa pasangannya, soalnya yang nanda-tangan harus dua-duanya. Kalau yang jomblo mah ya sendiri aja we.. toh udah biasa kan? wkwkwk

Terus selesai akad kredit sama bank dan menandatangani segitu banyak berkas, selanjutnya kita proses akad kredit sama pihak notaris. kalau ini lebih ke ngejelasin perihal perjanjian-perjanjian gitu dan pastiin nama dan lokasi rumah kita sesuai banget sama sertifikat yang nanti akan di buat. Soalnya kalau nanti beda ribet lagi buat ngurusnya. Beres akad kredit dengan notaris, barulah kita pulang.. Sama proses akad kredit ini juga lamaan nunggunya di bandingkan prosesnya. Jadi mesti nyiapin waktu seharian deh sama harus sabar juga.. :)

Selesai proses akad, besoknya kami disuruh dateng ke lokasi rumah buat serah terima kunci.. Disini prosesnya kita ukur batas-batas tanah, liat kondisi bangunan, dan tanda-tangan berita acara serah terima rumah. Nah, setelah serah-terima ini kita bisa langsung apa-apain rumah kita loh.. kalau saya waktu itu langsung pasang trali dan bikin benteng belakang.. Tapi ga langsung pindahan, soalnya masih sepi banget belum ada tetangganya waktu itu.. Jadi seusai nikah kurang lebih 6 bulanan kami masih tinggal di kosan saya sambil nunggu proses pembangunan rumah dan akad beres juga ada tetangga yang nempatin rumahnya..

Yaa.. begitulah cerita perjuangan saya dengan Revi untuk bisa memiliki rumah waktu itu.. Dari pas kami masih pacaran sampai akhirnya nikah.. Inget banget waktu bayar tanda jadi itu tanggal 22 maret 2017, nikah 22 april 2017, akad kredit 22 oktober 2017, dan pindahan tanggal 5 november 2017. Baru dua bulan kami nempatin rumah kami sekarang ini dan rasanya sungguh menyenangkan.. Dimana dulu waktu kecil suka main rumah-rumahan, masak-masakan, hamil-hamilan, punya anak dan sekarang jadi kenyataan.. n__n
Buat saya rumah bukan sekedar bangunan berbentuk rumah, tapi lebih ke tempat dimana saya pulang untuk meredakan kepenatan hidup saya dan berbagi bersama orang yang saya sayangi.. @kanzavahlevi
Buat temen-temen sekalian yang punya mimpi punya rumah sendiri, teruslah bersemangat karena ga ada yang ga mungkin kalau kita terus berjuang buat mengusahakan apa yang kita mau.. Saya dan Revi saja bisa, kalian pasti bisa juga.. :)

Yang mau cerita perjuangan mau beli rumah juga yuk merapat..n__n