Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tentang bulan Januari..

Bulan Januari adalah bulan pertama setelah pergantian taun berlalu.. Semangat pastinya masih menggebu, segala resolusi dan angan udah mulai di rencanakan untuk direalisasikan.. Pokoknya bulan yang mengawali segalanya lah..

Yap, bila ku ingat-ingat lagi mengenai januari tahun yang lalu dan saat ini, sudah banyak hal berubah terjadi pada hidupku.. ceile bahasana.. :p. Bulan januari taun lalu aku masih single dan lagi ribet-ribetnya mempersiapkan pernikahan aku. Sedangkan di januari tahun ini aku sudah menikah dan lagi ribet-ribetnya mempersiapkan kelahiran anak.. hahaha

Jadi ceritanya bermula ketika tadi aku ngelamun, aku jadi flash back ke memori-memori itu dan sesekali menertawakannya.. Iya, soalnya lucu aja gitu tiap bulan januari kenapa hidup aku teh asa ribet sama urusan siap-siap. Dulu mempersiapkan mau nikah, sekarang mempersiapkan untuk melahirkan.. Selain itu kondisinya juga ga jauh beda.. Yap, aku dan revi kalau bulan januari pasti suka puyeng sama kondisi keuangan dan melakukan pengiritan besar-besaran demi ngumpulin uang untuk "siap-siap" itu.

Yang kasian revi, dia ulang tahun hari ini, 11 januari 2018 dan tiap dia ulang tahun aku ga bisa kasih kado yang mahal atau kami rayain di tempat yang keren soalnya itu tadi.. Kondisi keuangan kritis.. haha.. Sabar ya yang.. Kado terindah dan terbaik taun ini buat kamu kan aku kasih anak yang masih ada di perutku ini.. tapi sabar, tunggu dia cukup umur dulu baru aku lahirin, sekarang mah nikmati we dulu di tendang-tendang sama dia di perut yaa.. :)

Aku aneh kenapa bisa begini setiap taunnya.. Januari kami selalu identik dengan pusing sama kondisi keuangan kritis. Kenapa kritis? Karena kami harus nyiapin dana yang cukup banyak dimana pendapatan cuma segitu-gitu aja.

Mungkin ada yang salah dengan pengaturan keuangan kami selama ini.. Kami bukannya ga nabung sama sekali terus nyiapin biaya persalinan secara dadakan loh yaa.. Kami udah siapin dana buat melahirkan dari pas tau saya hamil. Tapi ya gitu, kadang ada hal urgent jadi ya uangnya kepake deh T__T

Hal urgentnya juga emang betul-betul urgent, kaya kemarin pas saya mau milih rumah sakit buat nanti ngelahirin. Saya cek kandungan sampai ke 3 rumah sakit dan 3 dokter untuk membandingkan. Otomatis saya harus bayarnya 3 kali pemeriksaan kan jadinya.. ya mau ga mau uang tabungan itu kami pake dulu toh nanti juga bisa klaim  ke kantor meskipun cairnya sebulan kemudian..

Kami udah pos-poskan setiap pengeluaran yang ada, sampe budget buat kontrol kandungan rutin juga ada.. Cuma yaitu tadi berhubung ceknya ke 3 dokter dan 3 rumah sakit sementara budgetnya cuma buat ke 1 dokter dan 1 rumah sakit jadi ya over budget, mau ga mau ya harus pake uang tabungan dulu.. Kalau engga nanti kami ga makan :p

Januari lagi-lagi harus jadi bulan teririt bagi kami berdua.. Tapi gapapalah, toh bukan buat di pake hambur-hamburan juga uangnya.. Karena nyiapin kelahiran si buah hati yang pertama ini pastinya pingin ngasih yang terbaik dan berhubung belum punya pengalaman ya jadinya gini, segala dicoba.. Terutama buat melahirkan ini, karena aku pingin lahiran normal, rooming in, melakukan IMD, dan memberikan ASI ekslusif 6 bulan makanya aku selektif banget.. Namanya juga usaha yah.. :)

Buat hasilnya nanti sih ga ada yang tau apakah diriku akan melahirkan normal atau operasi sesar yang penting aku dan anakku sehat, selamat dan ga kurang apapun.. Tapi ya tetep aku niat dan usahain normal.. Keukeuh! :p..

Yah.. mudah-mudahan drama januari ini segera berakhir dan kami berdua segera mendapatkan pencerahan dan kemudahan dalam menjalaninya.. Untuk kedepannya, akan kami perbaiki terus cara mengatur keuangan kaminya agar kelak di januari mendatang kami bisa ngerasain foya-foya tidak seperti ini lagi..

Intinya sih dinikmati dan di syukuri aja.. namanya hidup kadang kita ada di atas dan kadang ada di bawah.. Kadang boros, kadang harus irit.. But, dimanapun posisi kita, usahakan agar bisa selalu stabil aja biar ga jatuh.. @kanzavahlevi

Oke, segitu aja.. cukup sekian dan terimakasih nanti kita lanjut lagi dengan cerita saya yang lain..