Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PARENTING : Mika jadi IBU..

Oke udah lama banget yah mika ga nulis di blog ini.. Selama cuti melahirkan kemarin mika sibuk ngurusin anak bayi soalnya.. Jadi sekarang mika mau cerita tentang suka-dukanya punya anak.. :)

Semua bermula pada tanggal 9 februari 2018..
Saat itu usia kandungan mika udah masuk 38 weeks.
Jam 00.00 mika ngerasa mules dan ga enak tidur tapi masih belum seberapa jadi mika masih selow.. Tapi mika udah ga nyenyak tidur, kerjanya tidur-bangun terus sampe jam 05.00 pagi kaya gitu.. Mika akhirnya bangun aja karna ayah dan ibuku sudah sibuk vidcall sama nenek d bdg. Jadi ceritanya pas aku ngomong2 gitu tetiba ada cairan hangat keluar..

Cairannya bening agak berlendir dan gak ketahan keluarnya. Ibu mika curiga itu ketuban jadi seketika suasana menjadi tegang tapi santai biar mika ga panik. Ibu menyuruh mika untuk mandi dan bergegas pergi ke rumah sakit. Untung mika udah siap-siapin perlengkapan untuk ke rumah sakit dari lama jadi pas situasi kaya gini udah ga riweuh lagi. Tinggal angkat, beres.. Yang belum tau mesti nyiapin apa aja bisa diliat di tulisan mika di persiapan melahirkan. Nah kira-kira jam 06.00 pagi mika, ayah, dan ibu langsung cuss ke rumah sakit. Biza waktu itu mika suruh masuk kantor aja, toh cuma mau cek aja.. 

Sesampainya di RS, mika langsung di bawa ke IGD dan pas di periksa udah bukaan satu. Perasaan mika waktu itu senang campur takut tapi aku terus aja berdoa.. Disitu mika telpon biza supaya cepat dateng ke RS. Gak lama, mika di pindah ke ruang bersalin. Disana mika di pasangin alat untuk memonitor kontraksi dan detak jantung bayi. Karena ketuban mika ternyata rembes sementara bukaan baru 1. Mika di beri pilihan untuk langsung oprasi or nunggu bukaan lengkap (tapi di kasih waktu maksimal 12 jam). Soalnya lebih dari 12 jam takut ketubannya kering katanya. 

Mika pilih nunggu bukaanlah, secara mika kan pingin lahiran normal..

4 jam berlalu mika dicek lagi bukaan dan masih ga nambah alias tetep di bukaan 1, akhirnya mika di induksi supaya ngebantu nambah bukaan.. Pas di induksi itu mika ngerasa mules kaya mau b*ker, per 30 menit dosis induksinya di tambah. Nah pas di dosis 40ppm detak jantung bayi meningkat akhirnya induksi di hentikan.

4 jam selanjutnya, sekitar jam 2 siang mika dicek bukaan lagi dan masih bukaan 1. Tapi pas itu keluar banyak darah dan lendir. Mika sedih waktu tau bukaan ga nambah, pingin jalan atau turun tangga ga boleh karena air ketubannya menipis.. Akhirnya dicoba lagi untuk induksi, mulesnya udah menjadi-jadi cuma lagi-lagi detak jantung kahfi tinggi terus, karna ga mau ambil resiko jadi induksi dihentikan lagi dan mika di suruh mulai puasa takut-takut harus d operasi. 

Saat itu mika kelaperan, gerah dan ga nyaman banget sama darah yg udh meleber kemana2, mika minta mandi. Ibu yg mandiin mika saat itu.. Meleleh perasaan mika waktu itu, dari bayi ibu mandiin mika, sekarang udh mau punya anak ttep aja di mandiin ibu.. Beruntungnya hari itu mika di temani ayah, ibu dan biza.. orang yang mika sayangi..

Habis mandi mika rasa segeran, tapi tetep lemes karena belum makan dari siang tadi.. Jam 18.00 sore dokter kandungan mika akhirnya dateng, beliau nge-cek bukaan mika dan ternyata baru masuk bukaan 2. Mika seneng karena bukaannya nambah, tapi pas di usg air ketubannya udh kering di layar udah ga ada warna item lagi, semuanya putih. Dokter ga mau ambil resiko karna bukaan masih 2 dan air ketuban udh habis dan bayi udah stress juga ga bergerak.. Jadi mau ga mau mika harus operasi.. 

Jam 19.30 malam mika masuk ruang bedah. Mika udah mati rasa waktu itu.. Dibius dari tulang belakang aja ga kerasa apa2 lagi. Pas prosesi pembedahan mika bisa liat semuanya akibat pantulan dari wadah lampu almunium di atas mika. 7 lapis perut mika di belah, mika ga mau liat tapi keliatan.. Haha.. Terus ga lama perut mika di teken, kemudian keluarlah bayi mika.. Karena cuma sendirian di ruangan itu mika menangis sendiri sambil terharu melihat bayi gembul putih dengan rambut hitam yg tebal dan bibir merah kecil.. Waktu di angkat. "Jam 20.35 ya bu ini anaknya lahir" kata dokter kandunganku.. 

Itulah waktu mika resmi jadi ibu Jum'at, 9 februari 2018 jam 20.35wib. Insyaallah kamu lahir di hari yg baik nak.. Semoga hidupmu juga jadi org yg baik.. Aamiin..

Setelah itu ga tau kenapa di 3 jahitan terakhir mika sesak nafas dan terbatuk-batuk, mika ga ngerasa batuk tapi darah yang keluar dari perut mika itu mengerikan sekali.. kalau bahasa sundanya mah "nga-gewor".. Abis itu mika di kasih oksigen, tapi bukannya membaik malah makin sesek rasanya.. Dan akhirnya mika ga sadarkan diri.. Rasanya waktu itu mika tidur nyenyak banget, rasa sesak di dada mika hilang.. Pokoknya enak banget mika tidur (biasanya ga nyaman tidur), males banget mau bangun saat itu tapi mika sadar kalau mika harus bangun karena kalau tidak nanti ga ada yang ngurus kahfi dan biza pasti kawin lagi.. wahahaha

Asli ini mah di saat itu mika kefikiran biza nikah lagi terus kahfi di urus ibu tiri jahat.. Ga rela dong ya, mika udah bertaruh nyawa hamil-ngelahirin kahfi eh kahfinya di sakitin orang lain.. jadinya mika berusaha ngikutin cahaya kecil dan alhamdulillahnya mika sadar kembali.. Pas sadar betapa terkejutnya mika karena sudah ada 4 dokter mengelilingi mika plus banyak banget alat yang di pasang di badan mika.. Ternyata tidur yang nyenyak itu terjadi selama 4 jam dan membuat orang disitu panik.. Dengan nafas tersenggal-senggal mika nanya kahfi dimana.. 

Saat itu ga ada perawat atau dokter yang mau cerita soal keadaan kahfi yang pas lahir ternyata tidak menangis. Mika cuma di bilang karena sudah malam jadi bayinya di simpan di ruang bayi, besok pagi baru dibawa ke tempat mika.. Datang si biza dengan polosnya cerita "de, kahfi ga bisa nafas.. di kasih selang dan di taro di inkubator khusus". Duar.. Malam itu mika nangis dan pendarahan... Rasanya ingin pergi ke ruang Perina untuk melihat Kahfi namun apa daya kondisi mika yg baru operasi tidak memungkinkan untuk bergerak kesana..

Keesokan harinya aku terus-terusan nanya sama suster atau dokter yang dateng mengenai kondisi kahfi. Padahal dokter disana khawatir sama kondisiku karena kemarin malam tidak sadarkan diri itu.. 
Itulah ibu, dia tidak lagi memikirkan dirinya sendiri.. Difikirannya hanya anak, anak, dan anak.. 
Alhamdulillah pada sore hari, kondisi kahfi dinyatakan sehat jadi bisa rooming in sama mika.. Malam harinya kahfi di antar ke ruangan mika, betapa terharunya mika melihat dia untuk pertama kali.. 
Kahfi umur 1 hari ❤
Setelah itu hidup mika berubah, kini ada tangis dan tawa bayi kecil di rumah kami.. Bayi yg kami beri nama "kahfi abqary zhafran" yang artinya anak lelaki kania dan reza vahlevi yg cerdas dan slalu dilimpahkan keberuntungan.. 

Terimakasih nak, karna kamu aku jadi ibu.. 😘

Post a Comment for "PARENTING : Mika jadi IBU.."