Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PARENTING : Cara menangani anak Speech Delay

Sebenernya agak sedih juga untuk post ini karena anak pertama mika yang sekarang usianya 3 tahun mengalami speech delay.. Dari mana mika tau bahwa kahfi speech delay?.. Apa sih speech delay itu?.. Bagaimana menanganinya??..  

Mika coba ulas ya.. Apa itu speech delay?.. Speech Delay adalah keterlambatan berbicara pada anak yang tidak sesuai dengan milestone nya. Jadi kan setiap bulan itu ada chart pertumbuh-kembangan anak yang ideal itu seperti apa, nah anak kita khususnya pada bagian komunikasi atau bicaranya mengalami keterlambatan itu bisa di sebut speech delay.. 

Berikut adalah patokan kemampuan berbicara anak sesuai usianya menurut halodoc:

  • Usia 3 bulan : Anak mulai mengeluarkan suara yang tidak memiliki arti (blabbing), mengenali serta mendengarkan suara dan memperhatikan wajah orang yang berbicara kepadanya. Pada usia ini bayi sudah bisa menangis untuk kebutuhan yang berbeda-beda.
  • Usia 6 bulan : Anak mulai mengeluarkan suara-suara yang berbeda dan mulai terdengar lebih jelas, seperti “pa-pa” atau “ba-ba”.. Ia akan mulai bersuara untuk mengekspresikan kondisinya saat senang atau sedih, menoleh ke arah datangnya suara, dan memperhatikan alunan musik.
  • Usia 9 bulan. Anak akan mulai memahami beberapa kata dasar seperti ‘”tidak” atau “ya”. Ia juga akan mulai menggunakan nada suara yang lebih luas.
  • Usia 12 bulan. Anak sudah bisa mengucapkan kata “mama” atau “papa” dan menirukan kata-kata yang diucapkan orang terdekat di sekitarnya. Pada usia ini, anak juga sudah bisa memahami beberapa perintah seperti, “ayo, sini” atau “ambil botolnya”.
  • Usia 18 bulan. Anak sudah bisa mengulang kata-kata yang diucapkan kepadanya dan akan menunjuk ke sebuah benda atau bagian tubuh yang disebutkan. Selain itu, anak juga sudah bisa mengucapkan sekitar 10 kata dasar. Namun, masih belum jelas pengucapannya seperti kata “makan” disebut “mam”.
  • Usia 24 bulan. Anak sudah bisa mengucapkan setidaknya 50 kata dan berkomunikasi memakai dua kosa kata.
  • Usia 3-5 tahun. Kosakata yang dimiliki anak pada usia ini akan berkembang dengan cepat. Di usia tiga tahun, sebagian besar anak-anak sudah dapat menangkap kosakata baru dengan cepat. Mereka juga sudah bisa memahami perintah yang lebih panjang.
Nah, mika mulai curiga pada saat kahfi usia 12 bulan dia ga bisa manggil mika dan ayah, minta apa-apa cuma nunjuk sama narik-narik tangan mika aja tanpa suara sama sekali, ga tertarik banget kalau di ajak ngobrol, dan fokusnya kemana-mana.. Cuma biza saat itu sellow aja dan menenangkan mika sembari ya mika terus stimulasi dia..

Seiring berjalannya waktu mika hamil jadi agak kurang fokus sama masalah ini.. Skip skip skip.. Pas kahfi usia 24 bulan karena tidak ada kemajuan berarti mika ingin membawa kahfi ke dokter tumbuh-kembang anak.. Hanya saja tidak ada dukungan untuk mika.. Orang di sekitar mika selalu bilang itu normal, anak laki-laki normal begitu dan bla bla bla.. Jadi mau ga mau ya mika struggle sendiri, nyari tau sendiri dan nyari solusinya sendiri juga gimana supaya kahfi bisa membaik.. hiks..

Untuk penyebab speech delay sendiri secara umum adalah : gangguan Berbicara, adanya masalah pada mulut, gangguan Pendengaran, gejala autism spectrum disorder, dan masalah psikologis.

Cuma untuk kahfi sendiri mika rasa penyebab dia speech delay adalah : 
  1. Kurang stimulasi
  2. Hilang fokus akibat gadget
  3. Nge-Dot
  4. Tidak ada teman seumuran
  5. Trauma
Jadi disini kan mika dan bija kerja.. Kahfi kami titipkan pada pengasuh yang stand by di rumah, jadi sehari-hari kahfi hanya berdua dengan pengasuh aja.. Sering sih dia di ajak main ke rumah tetangga sekitar situ, cuma ya paling sebentar dan teman sebaya kahfi di perumahan kami itu ga ada.. Terus kalau soal gadget sebenernya mika dan biza sama sekali ga pernah kasih kahfi dan kamipun tidak bermain gadget depan kahfi. Namun pernah sekali mika pulang cepat kahfi sedang menonton youtube di hp.. Untuk dot ini ngaruh banget ya sama kekuatan syaraf mulut dan lain-lain, nantilah mika bahas di tread sendiri masalah dot ini.. 

Asli galau banget mika sama keadaan kahfi waktu itu.. ke dokter ga di kasih, mika ga bisa stand by di rumah, pokoknya mika ga tau harus gimana.. Jadinya yaudahlah mika coba cari paud, tujuan mika supaya kahfi punya banyak teman dan akhirnya mau berbicara.. Cuma saat itu pandemi dan banyak paud tutup akhirnya niat mika terurungkan kembali.. 

Terakhir hal yang mika lakukan adalah banyak membeli buku bacaan, lego, puzzle dan spidol berwarna.. Karena kahfi suka sekali memainkan itu.. Nah, sambil main mika sambil cerita walau dia tidak memperhatikan mika cerita sendiri aja.. Lama-lama kahfi ingat apa yang mika ceritakan dan mulai bisa menunjuk hewan dan benda yang mika sebutkan.. Lalu mika masukan kahfi juga ke paud dekat kantor mika, awal di titip di paud dia nangis dan trantum lagi.. Untungnya miss disana sabar-sabar.. Oh iya, mika juga ada kasih kahfi suplemen gitu, harganya lumayan tapi alhamdulillah cocok sama kahfi.. 

Di paud dia banyak teman, makanpun udah ga terlalu pilih-pilih.. emosinya sudah mulai tenang dan bisa di arahkan.. Sekarang kahfi sudah mulai banyak bicara dan meniru apapun.. Ah.. terharu pokoknya mika dengan perkembangan kahfi saat ini..  

kahfi saat ini (Sept 2021)

Emang sih paling bener adalah nanya ke ahli, namun jika buibu disini punya keterbatasan seperti mika jangan berkecil hati.. Kita bisa kok usahain sendiri asalkan kita sabar, konsisten dan tawakal.. Kita adalah ibu dari anak kita, kita pasti tau harus berbuat apa.. Percayalah pada diri kita sendiri sebagai ibunya..

semangat untuk kita semua ya.. 



Post a Comment for "PARENTING : Cara menangani anak Speech Delay"