Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PARENTING : 4 poin penyebab ASI lambat keluar..

Asi



Setiap ibu yang hamil pasti ingin sekali bisa menyusui bayinya, karena asi adalah asupan yang paling baik untuk bayi.. Namun proses menyusui itu tidak mudah tapi sebenarnya tidak sulit juga.. Kuncinya ada pada ibu itu sendiri mau berusaha memberikan asi atau tidak.. Dengan pengalaman dua kali menyusui mika merasakannya sendiri, makanya mika berani bicara soal asi ini.. 

Disini mika akan bahas mengenai kapan sih ASI keluar.. soalnya pertanyaan itu selalu terbesit di kepala mika pas hamil anak pertama dulu dan mungkin buibu disinipun ada yang penasaran juga.. Jadi pas mika hamil itu banyak teman-teman mika yang cerita asinya keluar pas hamil sekian bulan setelah itu lancar banget proses menyusuinya, ada juga yang pas lahiran baru keluar asinya dan terakhir ada yang asinya sama sekali ga keluar.. Nah berdasarkan cerita teman-teman, jadi penasaranlah mika idealnya asi keluarnya itu kapan sih?.. Mika keluar asinya kapan ya?.. Apakah ada kolerasinya antara waktu asi keluar dengan kelancaran kita menyusui nanti?.. Haha.. Overthinking banget kan mika ini orangnya?.. Lahiran aja belum udah kemana-mana aja mikirnya sampai pusing sendiri.. hihihi..

Ternyata setelah mika cari tau waktu keluarnya asi setiap ibu itu memang beragam alias beda-beda.. Ada yang cepet dan ada juga yang lama.. Faktor penyebab perbedaan waktu keluarnya asi itu adalah :
  1. Hormon. Proses produksi dan pengeluaran ASI itu sangat di pengaruhi oleh hormon. Hormon yang berfungsi memproduksi asi adalah hormon Prolaktin, hormon ini akan berkerja saat ada sinyal permintaan saat proses pengeluaran ASI dari puting ibu baik dengan di hisap bayi maupun dengan di pompa. Sedangkan hormon yang mengeluarkan asi adalah hormon Oksitosin. hormon ini merupakan hormon cinta/bahagia yang muncul ketika kita menyusui dan bonding dengan anak kita. Nah, kalau salah satu hormon ini terganggu maka proses mengASIhi pun akan terganggu.
  2. Stress dan kurang istirahat. Ibu yang pada proses kehamilan atau persalinannya sulit pasti rawan stress (termasuk mika yang overthinking). Hal ini masih berhubungan dengan hormon yang mika jelaskan sebelumnya, bagaimana mungkin kita bisa memproduksi serta mengeluarkan ASI dengan lancar jika diri kita sendiri tidak nyaman. Maka daripada itu penting sekali bagi ibu untuk dapat mengelola stressnya dan jangan lupa istirahat (meskipun susah.. hehe)..
  3. Adanya penyakit bawaan pada ibu. Pada ibu yang memiliki riwayat penyakit diabetes, waktu untuk memproduksi ASI menjadi lebih lama. Hal ini disebabkan oleh berbagai alasan, mulai dari gangguan hormon, tingginya angka kelahiran prematur dan operasi Caesar pada ibu dengan riwayat diabetes. Lagi-lagi soal hormon ya kan? hehe..
  4. Kelebihan berat badan. Tubuh ibu yang mengalami kelebihan berat badan sebelum kehamilan atau mengalami kenaikan berat badan berlebih saat hamil, juga berisiko mengalami keterlambatan produksi ASI. Ini mika alami sendiri, saat kehamilan kedua kenaikan berat badan mika naik sangat drastis (mencapai 25kg) hal tersebut mengakibatkan produksi ASI mika lebih lama di banding saat kehamilan pertama yang kenaikan berat badan mika hanya naik 15kg.
Nah, jadi buibu semua jangan khawatir jika sesaat setelah melahirkan ASI buibu belum keluar, karena hal tersebut wajar terjadi.. Sampai 3 hari kedepan bayi kita akan baik-baik saja kok tanpa mengonsumsi apapun karena masih ada cadangan makanannya. Hanya saja disini bukan berarti buibu bisa santai-santai kaya di pantai ya.. ASI itu kaya rezeki harus kita jemput dan usahakan.. Setelah melahirkan nanti usahakan ibu selalu dekat sama bayinya, walaupun rasanya ASI belum keluar, suruh aja bayi untuk selalu menghisap puting ibu, bangunkan setiap 2 jam untuk menyusu kalau ga mau bangun ya buibu pumping saja.. Insyaallah jika rutin seperti itu maka produksi ASI buibu akan meningkat dan proses menyusui lancar.. 

Mika sharing seperti ini karena mika pernah mengalami kegagalan dalam menyusui kahfi dulu.. Alhamdulillahnya untuk mishary yang usianya udah 18 bulan ini mika masih lancar kasih ASInya dan bahkan mika bisa nyetok ASIP se-freezer kaya orang-orang yang dulu mika ngiler liatnya.. Untuk bisa seperti itu terus terang ga gampang.. Nanti mika akan ceritakan satu-persatu.. 

Untuk buibu yang ingin sharing personal dengan mika boleh.. bisa komen, email dan nanti mika kasih nomer wa mika... Semangat terus buibu menyusui dimanapun kalian berada... Selalu tanamkan dalan fikiran kita bahwa..

"ASIku banyak dan aku pasti bisa menyusui anakku sampai dua tahun nanti, apa kata orang aku tidak peduli karena sejatinya aku yang tau apa yang terbaik untuk anakku" 


Post a Comment for "PARENTING : 4 poin penyebab ASI lambat keluar.."