Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Alergi dan Cara Mengobatinya




Kali ini mika mau share mengenai alergi dan cara mengatasinya.. Kenapa? karena mika sedang mengalaminya.. T_T.. Seingetnya mika pas kecil sampai dengan sebelum saat ini mika tidak pernah mengalami alergi.. Tapi adik mika yang nomer 2 waktu kecilnya memang mengalami alergi, setiap dia makan udang wajahnya suka jadi bengkak.. Makanya mika aneh, kok bisa udah segede gini baru muncul alergi?.. Soalnya kalau kata orang alergi itu biasanya ada pas kita kecil..

Akhirnya mika cari tau lah kenapa mika mengalami alergi pada usia ini.. Oh ya, sebelum membahas jauh ke dalam soal alergi ini, kita bahas dulu alergi itu apa ya.. Jadi dari beberapa referensi yang mika baca, mika menyimpulkan bahwa alergi itu adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi di tubuh orang lain, reaksi tersebut bisa berupa batuk-pilek, ruam kulit yang gatal bahkan sesak nafas..

Mika cari tau juga penyebab kita bisa mengalami alergi, yaitu :
  • Memiliki riwayat keluarga yang alergi. 
  • Terlalu jarang terkena alergen (hidup terlalu bersih).
  • Dibatasi makan makanan tertentu alias pilih-pilih makanan.
  • Tinggal di lingkungan rumah yang kering.
  • Sering terkena alergen di lingkungan kerja.
Menurut hellosehat.com, alergi biasanya muncul pada masa kanak-kanak, yakni ketika Anda baru pertama kali ‘berkenalan’ dengan sebuah zat atau makanan tertentu lewat kontak kulit, dikonsumsi langsung, atau terhirup ke dalam saluran pernapasan. Beberapa pakar menduga bahwa munculnya alergi saat dewasa bisa dikaitkan dengan peningkatan polutan debu dan kuman di udara. Paparan keduanya, apalagi dalam jangka panjang, dapat memengaruhi daya tahan tubuh.

Hal ini sepertinya sesuai dengan apa yang terjadi pada mika.. Karena memang daya tahan tubuh mika sedang turun akibat cuaca dan kelelahan setelah merawat anak-anak yang sebelumnya sakit.. Alergi yang mika alami berupa ruam merah, bengkak dan gatal di seluruh tubuh.. Memang tidak membahayakan, namun sangat mengganggu, karena rasanya perih, panas dan gatal.. 
awalnya merah ini muncul di tangan kaya gini
Dokter dan biza menyuruh mika untuk tidak menggaruk daerah yang gatal tersebut.. Namun mika tidak tidak tahan sehingga mika terus mencoba menggaruknya.. Hal tersebut membuat gatal menjadi lebih menyebar luas dan makin tidak nyaman.. T_T
Mika tidak tau pasti penyebab alergi ini kenapa, karena sebelumnya yang mika tau mika ada alergi obat tertentu (inipun tau pas usia 21 tahun).. jadi kalau mika minum obat yang mengandung zat tertentu efeknya mika akan sesak nafas.. Kalau gatal kaya gini kata dokter kemungkinan akibat makanan atau polutan.. terus mika inget-inget deh seharian itu makan apa aja.. Tapi rasanya ga ada makanan "aneh" yang mika makan loh.. 
Hari pas pertama alergi mika hanya makan daging ayam, buah kiwi, nasi, dan telur.. Makanan yang biasa mika makan sehari-hari juga ya ini.. Hari kedua menunya tetap sama cuma beda cara pengolahannya dan tetap sama keluar ruam di kulit.. Oh iya, pas hari pertama itu mika konsumsi obat alergi yang biasa mika minum, merk muxon serta sebadan-badan di kasih bedak caladyn.
Hal tersebut cukup ampuh meredakan rasa gatal yang mika alami, tapi 2-3 jam kemudian kambuh lagi, terlebih jika mika berkeringat atau kena air.. Karena sudah makin ga nyaman akhirnya mika pergi berobat ke klinik dekat rumah.. Mika takut jika mika biarkan maka mika akan terus ga bisa tidur, kemudian imun mika drop sehingga akan timbul masalah kesehatan lainnya.. 
Disana mika langsung ceritakan keluhan mika ke dokter, lalu mika di periksa.. Dokter menyuruh mika untuk injeksi dexametasone.. Entah tegang atau apa, perawatnya kesulitan mencari pembuluh darah mika, katanya pembuluh darah mika kecil dan datar sehingga perlu sampai 3 kali obat tersebut berhasil di injeksi ke badan mika..

Respon pertama saat mendapat suntikan injeksi obat adalah "perih" namun tangan mika di gosok-gosok sama perawatnya sehingga ga begitu kerasa, katanya ada yang sampai meras gatal sampai maaf, ke "vagina" tapi mika alhamdulillah tidak merasakannya.. Selanjutnya mika di berikan obat.. Ada 3 obat, 2 obat alergi yang di  suruh konsumsi di jam berbeda namun waktunya harus sama, misalnya di minum setiap jam 10 pagi dan 8 malam, tiap hari harus dimium di jam itu tepat) dan satu vitamin supaya imun mika kuat.. Obat alergi hanya boleh dikonsumsi ketika kambuh, jika sudah sembuh harus di stop.. Itu pesan dokter yang sampai berulang-ulang disampaikan pada mika..

Setelah berobat mika langsung pulang dan mandi, kemudian jalan-jalan naik motor sebentar sama biza dan anak-anak.. Lalu mika masak makan siang, makan dan minum obat alergi jam 10 pagi dan vitamin jam 12 siang, kemudian tidur siang.. Nah setelah bangun alhamdulillah ruam di badan mika hilang serta mika tidak merasa gatal kembali.. 

Jadi kesimpulan dari cerita mika ini adalah, jika buibu atau ada keluarga yang mengalami alergi berupa ruam merah dan gatal seperti mika.. Hal yang perlu dilakukan adalah :
  1. Tenang
  2. Jangan menggaruk bagian yang ruam karena malah akan semakin memperluas area ruamnya.
  3. Hindari Kepanasan, kena air, dan berkeringat karena ini akan membuat ruam semakin gatal dan tidak nyaman.
  4. Pergi berobat ke dokter supaya di kasih obat yang aman dan sesuai.
  5. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi. 
  6. Rajin beresin rumah dan meja kerja supaya tidak ada polutan yang menempel.
Sekarang setelah badan mika rasanya lebih fit setelah istirahat, minum vitamin dan makan-makanan bergizi, alhamdulillah ruam dan gatal di tubuh mika sudah sepenuhnya menghilang.. Namun untuk kedepannya mika akan lebih berjaga-jaga soal makanan dan lebih rajin beberes supaya tidak ada polutan penyebab alergi seperti ini lagi.. Intinya sih balik lagi kita harus bisa jaga imun tubuh supaya tidak mudah terkena penyakit apapun..

Semangat sehat buat kita semua ya.. 

1 comment for "Penyebab Alergi dan Cara Mengobatinya"