Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Parenting : Perlengkapan yang diperlukan untuk mulai stok ASI




Kali ini mika mau coba share soal perlengkapan ASI mika.. Perlengkapan ini diperlukan untuk buibu yang mau stok ASIP atau ibu bekerja yang pastinya mau ga mau harus nyetok ASIP demi suksesnya proses menyusui bayi kita selama 2 tahun.. Ibu yang stay at home juga kalau menurut mika sih perlu juga untuk punya stok ASIP, karena untuk jaga-jaga aja siapa tau ibu perlu pergi tanpa membawa bayi, ibu sakit (ada obat yang ga bisa untuk busui) atau ya sekedar pengen rehat aja.. 

Pengalaman mika dulu, mika tiba-tiba sakit typus.. Jangankan buat nyusuin, buat bangun aja mika ga sanggup.. Belum lagi ga tau kenapa si kahfi menolak minum ASI yang mika pompa/mika susui langsung (mungkin pengaruh obat yang mika minum jadi ga enak ASInya di lidah dia), so kahfi cuma mau minum stok ASIP mika sebelum sakit. Kebayang ga kalau mika ga punya stok ASIP waktu itu??? bablas lah pasti progress mika mengASIhinya.. Makanya mika sarankan untuk semua buibu yang punya bayi agar punya stok ASIP.

Sebelumnya mika mau kasih tau istilah-istilah dalam dunia perASIan dulu biar buibu ga bingung kalau tiba-tiba mika nulis pakai istilah-istilah ini ya.. 
  • ASI = Air Susu Ibu
  • ASIP =  Air Susu Ibu Perah
  • DBF = Direct Breast Feeding alias Nyusuin langsung.
  • PD = PayuDara Ibu

Untuk mulai menyetok ASIP, perlengkapan yang diperlukan adalah :

1. Alat perah ASI 
            Untuk memerah ASI kita bisa menggunakan tangan atau dibantu dengan alat pompa (baik manual atau elektrik).. Berhubung mika ga pandai memerah ASI menggunakan tangan, jadinya mika pakai bantuan alat pompa.. Tapi ada juga loh buibu yang memang nyaman dan pandai merah ASI menggunakan tangan, contohnya mak renata.. Jadi soal merah ASI ini dicoba aja semuanya ya buibu dan lakukan yang bikin buibu nyaman jangan asal ikut-ikutan tren aja.. hehe.. 
        Inget, semakin nyaman buibu perah ASInya semakin banyak ASI yang dihasilkan.. Sekarang pompa ASIpun bisa kita sewa, jadi sebelum memutuskan untuk beli, bisa coba sewa dulu aja supaya dapet pompa yang cocok sama buibu sekalian.. Kalau mika sendiri pakai pompa manual dan elektrik.. Untuk plus-minus dari pompa ASI ini nanti kita bahas di tulisan berikutnya aja ya..

Stok ASI
Foto pompa asi yang mika pakai

2. Tempat penyimpanan ASI
            Selanjutnya setelah ASI diperah dari payudara kita tentu harus di simpan dong, hehe.. untuk penyimpanan ASIP buibu ini bisa menggunakan botol ASI atau kantong ASI.. Kelebihan dari botol ASI ini buibu bisa pakai berulang-ulang, dan daya tahan simpan ASIPnya lebih bagus.. Kekurangannya adalah kapasitas ASI yang disimpan maksimal cuma 90ml, buibu jadi harus rajin nyuci, karena kalau sekali beli banyak harganya jadi lumayan.. 
            Untuk kantong ASIP kelebihannya adalah kapasitas ASI yang disimpan bisa lebih banyak mulai dari 100ml-200ml, lebih praktis dan ga makan tempat kalau disusun di freezer tapi sayang cuma sekali pakai aja jadinya lebih boros.. 

Foto tempat penyimpanan ASIP mika

3. Alat Pendukung lainnya..
            Nah disini ada alat pendukung lainnya.. Pertama itu ada connector asi dan ice gel.. Dimana nanti dari si corong pompa ASI kita bisa langsung di tampung ke kantong ASIP, mika pakai merk BKA karena merk ini cocok sama pompa ASI mika, jadinya setiap kali mompa ASI mika ga khawatir lagi akan tumpah saat nuanginnya.. Untuk ice gel fungsinya adalah mendinginkan suhu ASI, sehingga lebih awet kalau-kalau kita perlu mompa di luar rumah atau pas mati lampu bisa mempertahankan suhu dingin buat kulkas kita juga loh, jadi ASIP kita aman..
            Alat kedua ini mika baru tau juga bahwa ada namanya silicon penampung ASI merk CMBear.. Biasanya kan pas awal lahiran kan ASI suka netes-netes dan rembes sendiri atau pas nyusuin, payudara sebelahnya netesin asi juga kan? nah daripada mubazir ASInya rembes dan netes gitu aja bisa pakai cup ini sehingga ASInya bisa di kumpulin juga, lumayan kapasitasnya 30ml juga nih..
            Alat ketiga freezer khusus ASIP, penting banget dalam penyimpanan ASIP ini bisa terpisah dengan bahan makanan lainnya supaya ga terkontaminasi.. Awalnya mika pakai freezer kulkas 2 pintu, tapi jadinya mika ga bisa nyimpen lauk-pauk lagi.. haha.. Selain itu berhubung cepet banget penuhnya jadinya mika sewa freezer khusus ASI seperti gambar di bawah ini deh.. Lumayan daripada beli sendiri nanti bingung pas udah ga kepake lagi mau disimpen dimana jadi mika sewa aja, sekarang udah gampang soal perASIan ini, tinggal mau aja ya bu..
            Yang keempat ini mika yakin merupakan kesukaan busui, cemilan.. haha.. Percayalah selama jadi busui itu kita cepet laper dan cepet haus jadi perlu banget stok cemilan sehat yaa.. Mika sendiri konsumsi produk dari mamabear ini, selain enak proses pengeluaran ASI mika jadi lebih lancar dan banyak.. Mantul kan.. Selain cemilan bisa juga di tambah booster ASI jika perlu.. Untuk booster ASI sendiri yang pernah mika coba itu Herb of Gold, Blackmores Pregnancy and Breastfeeding, Lactamor, Mom Uung, dan Kelor cap Lulaby.. Nanti kita bahas sendiri juga masalah perBoosteran ini ya,,

Foto Alat pendukung ASI mika lainnya

4. Masih pendukung lainnya
            Karna fotonya misah makanya mika bahas di nomer selanjutnya ya.. hehe.. Yang keempat ini selama kita jadi busui tentu perlu baju menyusui.. Pas anak pertama, mika niat banget beli baju yang emang untuk khusus untuk busui tapi ternyata harganya mihil.. haha.. Jadinya sekarang mika siasati aja dengan beli baju yang berkancing/bersleting depan sehingga bisa memudahkan mika untuk mompa ASI atau nyusuin langsung anak mika dimanapun dan kapanpun.. Cuma kalau hanya baju biasa seperti mika di bawah ini kita masih harus sedia Apron kalau mau nyusui dan mompa di tempat umum (bukan ruang khusus menyusui) ya, karena malu aja we kalau keliatan itu payudara kemana-mana.. hehe.. Apronnya mika beli yang gede banget biar ketutup sebadan-badan, merknya mika lupa cuma bisa diliatlah si apron punya mika ini bisa nutupin semua badan mika pas pumping di kantor kan saking gedenya.. 
            Next, sebagai busui yang juga pekerja kantoran jangan lupa punya Tas ASI khusus, tas ini bukan sembarang tas.. Melainkan tas yang ada cooler bagnya sehingga bisa tahan simpen ASIP hasil pumping mika di kantor sampai pulang kerja nanti.. Di dalem cooler bagnya nanti kita masukin 1-2 ice gell supaya keadaan ASIP kita dingin terus jadi ga basi, sampai di rumah langsung simpen di freezer deh tu ASIPnya..
            Yang paling penting dari semua hal ini adalah dukungan dari si AYAH ASI, pastikan suami buibu sekalian juga teredukasi mengenai ASI ya, jadi kita ga ngerasa sendirian banget dalam progress mengASIhi ini.. Ayah asi yang full support pasti mau ingetin jadwal pumping kita, ikut mikir gimana caranya supaya ASI ibu tetep ada dan lancar dengan cara bikin ibu happy, pijet laktasi, beliin cemilan dan bantuin nyusun ASIP di freezer.. Plus si ayah asi ini akan jadi garda terdepan jika ada orang yang bully kita.. Jadi penting banget untuk bisa kerjasama dengan suami soal ASI ini ya.. inget, bikinnya berdua ngurusnya berdua juga dong.. hehe

Foto pendukung ASI mika lainnya

Barang-barang yang mika ceritain di atas itu merupakan perlengkapan mengASIhi mika yang masih di pakai sampai saat ini.. Banyak sih sebenernya barang lainnya yang mika udah coba juga, cuma mika pilih-pilih lagi sesuai kegunaannya.. Jadi mika harap buibu yang baca tulisan mika ini bisa terbantu, tercerahkan dan tidak kalap ketika pergi bebelanja membeli kebutuhan menyusui ini ya.. 

Sekian sharing mika hari ini, semoga bermanfaat buat buibu sekalian yah..
Jika ada yang mau sharing atau tanya-tanya soal ASI boleh banget komen atau email mika ya..

Semangat buat kita semua.. 











Post a Comment for "Parenting : Perlengkapan yang diperlukan untuk mulai stok ASI "