Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab Kenaikan Berat Badan setelah Melahirkan



Pagi ini fikiran mika lagi random banget, seperti biasa mika nulis blog ini di pagi hari sebelum mulai bekerja.. Kalau tiba-tiba mika kehilangan ide, maka mika lanjut nulis pas waktu istirahat setelah makan siang.. Biasanya setelah kenyang ide itu muncul kembali.. haha.. Makanya jangan aneh kenapa mika kalau post selalu siang.. Ga pernah pagi, sore apalagi malam.. Karena selain jam itu adalah jam tersibuk mika, ketika di rumah mika ga bisa pegang gadget atau laptop buat nulis sama sekali.. Alasannya supaya bisa ngerjain kerjaan rumah quality time sama anak dan suami setelah seharian bekerja..

Jadi tadi mika bangun cepet banget, rencananya mau nyicil nyetrika baju yang makin hari menggunung.. Tapi batal karena mika masuk angin sehingga jadinya si biza yang cape mijet mika wkwkwk.. love you biza.. Mika akhir-akhir ini lagi insecure sama badan mika sendiri, rasanya kok makin hari makin melar dan ga menarik lagi gitu.. Muka lebar, perut buncit (selalu di sangka hamil 5 bulan), paha dan betis gede, lengan lebar.. ah.. syudahlah ga bisa berkata-kata lagi kalau ngomongin body mika sekarang mah.. 

Bayangin aja, dulu mika inget banget pinggang mika kalau di jengkal itu cuma 3,5 jengkal pokoknya ga sampai 4 jengkal.. Sekarang??? 5 jengkal dong.. hiks.. Perut mika dulu rata walaupun makan banyak.. Sekarang baru nyoba mikir makan aja langsung buncit kayanya hahahaha.. Sedih?? banget.. Makanya mika ngerasa insecure dengan badan mika sekarang ini.. 

Apa sih penyebabnya?? Apa iya gara-gara melahirkan?? Tapi kok banyak orang yang habis melahirkan bodynya balik lagi malah lebih kurus dari sebelumnya.. Kok bisa ya?? itulah sekelumit fikiran overthingking mika tentang berat badan ini.. Mari kita coba cari tau sama-sama ya.. 

Jadi seperti kita ketahui bersama, seorang ibu hamil pasti mengalami kenaikan berat badan.. Kenaikan tersebut disebabkan oleh berat bayi, air ketuban, plasenta, payudara yang mulai memproses asi dan cadangan lemak. Nah setelah melahirkan seharusnya berat tersebut turun lagi kecuali berat payudara yang memproses asi dan sedikit cadangan lemak yang berguna sebagai tenaga si ibu dalam proses menyusui nanti..

Penyebab berat badan berlebih setelah melahirkan :
  1. Pola makan tidak terkontrol.
  2. Kenaikan berat badan yang terlalu tinggi saat hamil.
  3. Kurang istirahat.
  4. Stress.
  5. Kurang bergerak/olahraga.
  6. Terlalu cepat hamil lagi paska lahiran.
  7. Ibu tidak menyusui bayi.
Nah, yang terjadi pada mika adalah pola makan tidak terkontrol, sehingga cadangan lemak saat mika hamil berlebih banget (kenaikan BB setiap hamil selalu di atas 20kg), terus mika hamil lagi 1 tahun setelah melahirkan (otomatis nimbun lemak lagi dong), kurang istirahat, stress dan kurang olahraga jadinya ya begini.. haha..

Padahal mika menyusui sampai sekarang, infonya jika kita menyusui bayi maka akan mengurangi 500 kalori.. Tapi bisa jadi kalori di tubuh mika memang berlebih banget jadinya ga begitu keliatan pengurangannya, hehe.. Next, mika akan lebih memperhatikan masalah kenaikan berat badan inilah supaya mika ga insecure sama diri mika sendiri.. Gimana mau bahagia ngurus anak dan menjalani hari yang berat coba kalau ga percaya diri? iya kan??

Rencana saat ini mika ingin konsultasi ke nutrisionist terlebih dahulu supaya dapet apa sih yang kelebihan di badan mika ini dan gimana cara efektif menurunkannya.. Kemudian kan pasti mika dapet meal plan gitu.. Jadinya pola makan mika bisa ikut di benerin serta memudahkan mika mikir masak apa tiap harinya.. haha.. Kasih rekom dong khususnya di pekanbaru ini dimana ya tempat konsultasi gizi yang bagus??..

Kedepannya akan mika share lagi step by step progress penurunan berat badan mika ini ya.. semoga tahun 2022 badan mika jadi ideal lagi.. aamiin.. semangat buibu semua yang sedang insecure juga soal berat badan kaya mika!!! 


kita pasti bisa menghempaskan lemak-lemak jahat ini !!!! hahaha..

Post a Comment for "Penyebab Kenaikan Berat Badan setelah Melahirkan"