Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PARENTING : Cara Agar ASI Banyak dan Melimpah

Hari ini mika mau share tentang cara agar ASI banyak, macam ASInya banyak ajah.. Padahal masih bisa keluar ASI sampai dengan hari ini pas mompa aja udah syukur alhamdulillah.. Terus terang aja mika bukan orang yang ASInya melimpah ruah sampai bisa jadi ibu asi bayi lain, cuma sampai dengan hari ini (mishary usia 18 bulan) ASI mika masih ada dan mika yakin dan usahain biar ada terus sampai 2 tahun nanti.. Haha.. OverPD bagi ibu menyusui itu lebih baik daripada Pesimis tiada arti loh.. Asli ini mah, berbekal pengalaman menyusui yg gagal sebelumnya menjadikan mika seperti ini sekarang..

Ga percaya? tanyakan saja pada biza, keluarga mika di Bandung dan temen-temen deket mika.. 

Pengalaman mika dalam menyusui anak pertama mika bisa di katakan gagal.. Kenapa gagal? karena mika menyerah sebelum menyelesaikannya, kemudian menyesal.. Ketika mika hamil lagi, mika berjanji pada diri mika sendiri untuk sungguh-sungguh soal ASI ini gimanapun caranya jangan sampai menyesal lagi.. Namun, takdir berkata lain.. Mika keguguran.. 4 bulan mika bersedih hati kehilangan sang jabang bayi, alhamdulillah mika di kasih kepercayaan untuk hamil lagi dan lahirlah putra kedua mika ini..

Selama kehamilan ketiga kemarin yang mika pelajari cuma ASI, ASI, dan ASI.. Sampai hamil aja ga kerasa tiba-tiba udah 8 bulan aja dan sadar belum nyiapin perlengkapan apa-apa.. Haha.. Jadinya mika buru-buru deh nyiapin perlengkapannya, untung sebelumnya mika udah pernah buat listnya dan share di sini jadi ya lebih gampang aja terlebih gender anak mika ini sama.. sama-sama cowok jadi tinggal diturunin aja bekas abang ke adeknya..

Kembali lagi ke masalah ASI ini, belajar dari pengalaman menyusui anak pertama mika sebelumnya dan membaca beberapa referensi dari para suhu ASI di IG, mika menyimpulkan kesalahan mika yang menjadi penyebab mika gagal mengASIhi Kahfi, dan mungkin buibu sekalian juga sedang atau pernah mengalaminya.. Mika sebut 4 TIDAK Penggagal ASI, yaitu :

1. TIDAK Percaya Diri

Mika paham sebagai ibu baru kita pasti banyak bingungnya, jangankan soal ASI, soal perubahan di tubuh kita sendiri pas hamil aja udah bingung.. Apalagi pas lahiran ASInya ga keluar, makinlah panik.. Ditambah keluarga dan lingkungan ga support, udahlah selesai.. Makanya yang pertama harus dimiliki seorang ibu yang emang niat mau nyusuin anaknya adalah PERCAYA DIRI, asli dengan kepercayaan diri yang ibu punya bakal nambah power dan produksi ASI ibu juga loh.. 

Sekiranya nanti ga ada dukunganpun, mental ibu ga akan jatuh.. Karena ya memang PD aja, cuma jangan lupa juga untuk belajar seluk beluk ASInya juga ya buibu.. Misalnya kapan sih ASI keluar? (sebelumnya pernah mika bahas di sini), tanda bahaya bayi kurang ASI itu apa aja?, penyebab bayi menangis apa aja? (sering banget bayi nangis dikaitkan dengan kurang ASI padahal banyak faktor lainnya), dan makanan apa yang bisa menunjang ASI banyak.. Supaya kelak jika ibu di "serang" sama orang yang ga dukung program mengASIhi ibu, ibu sudah siap menjelaskan dan tidak mudah ambil pusing.. Inget loh bu, kalau kita stress, asi ga akan keluar.. Jadi perlu banget ibu percaya diri soal ASI ini ya bu.. 

2. TIDAK Konsisten

Perlu di tekankan bahwa konsisten adalah kunci keberhasilan proses mengASIhi buibu sekalian, kenapa? karena jika ingin ASI ibu banyak harus rajin di keluarin ASInya supaya terus di produksi.. Karena produksi ASI itu Supply by Demand jadi Produksi itu akan ada jika ada permintaan, Kapan terjadinya permintaan ASI? yaitu ketika payudara ibu mengeluarkan ASI sampai KOSONG setelah itu payudara ibu akan mengirim sinyal ke otak bahwa stok ASI habis dan perlu di isi kembali.. Nah disitulah ASI akan di produksi untuk dapat memenuhi payudara ibu dengan ASI lagi.. 

Jika ibu membiarkan payudara ibu penuh apalagi sampai bengkak, maka siap-siaplah 'meriang' dan Produksi ASI ibu ke depannya akan terjun bebas.. Kenapa? karena payudara ibu akan mengirim sinyal juga ke otak bahwa produksi ASI ibu berlebih karena tidak ada pengeluaran, sehingga produksi lama-lama akan di kurangi.. Padahal bayi kita semakin besar semakin banyak minum ASInya loh bu.. 

Nanti kalau produksi ASI kita sedikit maka bayi akan rewel, ibu jadi panik, emosi, stress.. Abis itu ibu mikir yaudahlah daripada rewel campur aja pakai sufor.. Udah keenakan campur sufor, makin jarang deh ibu mompa atau nyusuin bayinya, makin turun lagi produksinya.. Yasudahlah selesai cerita mengASIhi ibu sampai disitu.. Mika bukan mau nyalahin buibu loh, karena mika dulu gitu.. Dulu mika sakit typus dan ga punya stok ASI sama sekali, mikapun harus minum obat yg ga bisa untuk busui jadi terpaksalah kahfi di kasih sufor, begitu mika sembuh dia males nenen lagi (mungkin rasa sufor lebih gurih menurut dia) dan diapun bingung puting.. Mika stress, sedih ga jelas, tiap pumping dapet dikit, Stress lagi gitu aja terus sampai akhirnya kahfi full sufor waktu itu..

Jadi jangan tunggu sampai payudara terasa penuh apalagi bengkak, karena itu adalah awal kehancuran proses mengASIhi ibu.. Oh iya, 3 bulan pertama setelah melahirkan adalah masa yang penting loh bu, karena di saat itu produksi ASI ibu lagi banyak-banyaknya sampai sering rembes.. Nah, pada masa inilah ibu harus rajin mompa atau nyusuin si bayi supaya produksi selanjutnya ga menurun dan bisa nyetok ASIP mumpung masih cuti juga kan bu?.. Kalau udah masuk kerja lagi nanti lain cerita lagi soalnya.. Hahaha..

3. TIDAK Punya Prinsip

Ibu menyusui itu terkenal dengan keras kepalanya, ga percaya? kenalan deh sama para tetegram di IG seperti mak aji @olevelove, mba @mpiimpii dan mak @rennatapranata.. Mereka tuh keras kali kepalanya kalau soal mengASIhi ini buk,, Mereka wanita karir juga IRT dengan segudang kesibukan tapi hebatnya masih bisa nyetok ASIP sampai berfreezer loh, dan sekarang sudah berhasil menyusui anak-anaknya sampai 2 tahun.. Pumping Everytime and Everywhere prinsipnya.. Pokoknya kalau harus pumping/nyusui anaknya ya lakuin ga peduli lagi ngapain dan dimana.. Lagi rapat, di perjalanan, di mobil, di kereta, pas dinas luar kota, riweuh sama anak juga tetep aja pumping.. Cape? pastilah jangan di tanya.. Mika sudah coba dan merasakannya.. 

Ngumpulin tetes demi tetes ASI itu perjuangan banget.. Dan ga bisa dilakuin sama orang lemah.. Kecuali memang ada indikasi medis, dasarnya seorang ibu itu PASTI bisa menyusui anaknya.. Pernah mika baca bahwa ibu yang adopsi bayi aja bisa mengeluarkan ASI, apalagi ibu kandungnya coba???.. Jadi janganlah banyak alasan lagi untuk ga kasih bayi kita ASI ya buibu, ASI itu golden liquid yang dikasih sama Allah SWT secara gratis kok disia-siain? malah milih buatan manusia yang pasti jauhhhhh kualitasnya.. Jadi teringat masa mika + covid kemarin, di rumah hanya mika yang + dan diisolasi mandiri.. Otomatis mika pisah dong sama si bayi, walaupun katanya aman untuk masih menyusui langsung tapi mika ga PD jadi mika pumping aja.. Ajaibnya sampai mika dinyatakan - covid, bayi mika ga tertular dong.. Kenapa? ya karena ASI mika ini mengandung Antivirus covid buat si bayi.. Kalau sufor atau produk lain ada ga yang bisa nandingin???

ini foto ASIP mika pas mika + covid, warnanya agak hijau kebiruan mengandung antivirus untuk bayi mika

Intinya menyusui bayi itu bukan urusan sepele, sampai di bahas di al-qur'an juga di atur sama pemerintah.. Jadi kuatkan lagi prinsip buibu sekalian, jangan mudah goyah.. Jangan nanti di ajak temen gosip main pas jam pumping, skip pumping.. Pergi dinas luar kota, skip pumping.. Keasikan kerja, skip pumping.. Ah, pokoknya banyak skip pumping atau nyusuin untuk urusan yang sebenernya ga perlu.. Tanamkan aja di fikiran buibu bahwa kalau buibu ga pumping/nyusuin anak buibu makan apa?.. Emang bisa bayi langsung dikasih nasi ramas? kan engga.. Jadi semangat ya buibu, cari temen seperjuangan biar sama-sama bisa kasih support.. 
 
4. TIDAK Mau Cape

Proses menyusui anak baik secara langsung maupun tidak langsung dengan mompa itu melelahkan.. Kita harus mau bangun atau bawa perintilan mompa yang ga sedikit.. Belum lagi kalau ibu eping (ekslusif pumping) harus nyuci perintilan pompa tiap hari, bangun tengah malam buat mompa supaya stok ASI terjaga, ah.. ribet, cape, bosenin, males pokoknya.. Kalau ibu yang ga mau cape yaudahlah daripada ribet bagus nyeduh sufor, padahal nyeduh sufor juga ribet.. Harus manasin air, masukin susu, bersihin dot, dll haha.. Yang paling gampang emang direct brestfeeding alias nenenin langsung tinggal buka baju, buka BH hap selesai.. ga perlu di cuci-cuci.. wkwkwk.. Cuma kan ada juga ibu yang harus ikut bekerja membantu perekonomian keluarga atau mengejar cita-citanya.. Ga masalah sih kalau mika mah, kita tetap sama-sama ibu hebat walau bekerja atau jadi ibu rumah tangga..

ini kondisi mika kalau pumping di kantor sembari kerja, tangan kiri pegang corong, tangan kanan megang mouse

Jadi ya kalau ga mau cape tinggal dua pilihannya, direct brestfeeding (berarti ibu ga bisa kemana-mana) atau yaudah anaknya di kasih sufor aja.. Selain itu, pilihan media pemberian ASIP pun berpengaruh, kalau ibu ga mau cape yaudah anaknya kasih dot aja, selesai.. Padahal pemberian ASI dengan dot itu sangat tidak disarankan karena banyak negatif di banding positifnya.. Yang terjadi pada kahfi anak mika yang dikasih dot dari usianya 1 bulan adalah dia mengalami bingung puting (tidak mau nenen langsung), gangguan saat mengunyah makanan dan sekarang speech delay.. Sementara mishary yang memang dari awal mika tidak kasih dot (ASIP mishary mika kasih dengan pipet, sendok atau gelas), ribet sih emang, tapi alhamdulillah jadinya mishary tidak mengalami kendala seperti abangnya.. Nantilah mika bahas di tulisan sendiri yah.. Disini mika mau bilang kalau kita ga mau cape dalam mengurus anak, siap-siap kita akan cape memperbaiki apa yang kita sudah buat lalai.. Dulu mika ga mau cape, ga mau ribet.. hasilnya sekarang mika ribet terapy kahfi kan?.. 

Nah, itulah 4 tidak yang menyebabkan mika gagal mengASIhi anak pertama mika dulu.. Gapapa.. terkadang kita gagal untuk bisa belajar jadi lebih baik lagi kan?.. Jadi disini mika sharing emang bener-bener mika alami sendiri, untuk buibu yang sedang, pernah dan akan menjadi ibu menyusui semangat.. Semoga sharing mika ini bermanfaat ya.. 

Kembali ke topik cara ASI banyak dan melimpah sesuai pengalaman.. Tips dari mika adalah :
  1. Niat yang lurus, tulus dan kuat.
  2. Segera lakukan IMD dan susui bayi setelah lahiran walaupun nanti ga keluar, suruh aja bayi ngenyot terus karena hisapan bayi juga akan memancing keluarnya ASI.
  3. Bisa juga ibu langsung pumping jika keadaan membuat ibu tidak bisa seruangan dengan bayi.
  4. Jangan melakukan 4 tidak yang mika jelaskan di atas.
  5. Perbanyak konsumsi makanan berkuah (kalau bisa sayur dan minum kuahnya sampai habis).
  6. Perbanyak minum air putih.
  7. Minum booster ASI jika perlu.
  8. Rajin Keluarin ASI baik dengan nyusui langsung atau Pumping (disarankan per 2 jam sekali).
  9. Lakukan Power Pumping di tengah malam minimal sehari sekali (Bagusnya di antara jam 1-4 pagi).
  10. Lakukan kegiatan yang membuat buibu happy.
  11. Hindari stress.
  12. Minta tolong ayah pijat oksitoksin, cuci perintilan pumping, bangun pas ibu menyusui dan sendawakan bayi. (bikinnya berdua, urusnya berdua juga dong)..
  13. Kalau ibu adalah ibu eping jangan liat hasil pumpingnya, tapi hargai proses ibu pumping. Mika tau itu tak mudah tapi kalau liat hasil pumping ibu jadi sedih nanti ASInya seret loh.. Yang perlu buibu perhatikan betul itu hasil pumping seharian bukan sekali pumping dapet berapa ya.. Karena hasil sekali pumping buibu rutin pumping per 2 jam dengan sekali pumping 4 jam yan pasti lebih banyak yang 4 jam, tapi coba jumlahkan seharinya.. pasti banyakan yang per 2 jam.. 
  14. Kalau ibu adalah ibu yang hanya direct brestfeeding jangan cemas juga ASI ibu cukup atau tidak untuk si bayi karena hisapan bayi itu adalah pompa terbaik untuk ngosongin payudara, ajaibnya lagi pas bayi kita nenen langsung ASI akan terus keluar.. Beda sama kalau kita pompa ,ada masa setetespun ga keluar lagi ASInya.. ga percaya? coba aja test sendiri pas lagi nyusuin sikecil tekan sendiri payudara ibu pasti ada ASI keluar..
Mungkin segitu dulu tulisan mika kali ini, sekali lagi semoga bermanfaat yah.. Jika ada yang kurang atau mau juga sharing dan jadi teman mengASIhi mika, yuklah komen atau bisa follow ig mika di @kanzavahlevi.. Mika tunggu ya.. 

Oh iya ini Foto sekilas hasil pumping mika sampai bisa ngumpulin ASIP se-freezer kalau mika masukin semua banyak banget karena tiap pumping mika selalu foto sebagai penyemangat.. 
 
Hasil perjuangan mengASIhi mika



1 comment for "PARENTING : Cara Agar ASI Banyak dan Melimpah"

  1. mantap! terimakasih ilmunya sangat berguna bagi saya.

    ReplyDelete