Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Stress ketika jadi ibu dan Penanganannya

rilex


Postingan kali ini mungkin lebih banyak curhat soal mika pribadi.. Biar ajalah ya, tujuan mika buat blog ini kan awalnya untuk mengenang proses mika tumbuh jadi istri, ibu satu anak dan sekarang ibu dua anak.. 

Akhir-akhir ini hati mika banyak terpotek tiap liat Kahfi.. Anak pertama mika.. Selain mika kaget dengan pertumbuhannya yang pesat, mika juga terharu dengan perkembangannya saat ini.. Sebelumnya pernah mika ceritakan bahwa kahfi terkena speech delay disini. Nah, sekarang alhamdulillah dia udah banyak bicara dan bisa berinteraksi dengan lawan bicaranya.. Walaulah belum terlalu jelas, tapi ini udah jauh banget dari sebelumnya yang cuma diem aja kalau di ajak bicara.. 

Jadi masalahnya disini, ada di diri mika yang saat ini sedang berproses untuk berdamai dengan diri sendiri.. Sebelum semuanya terlambat buat Kahfi.. Soalnya mika merasa kahfi kaya gitu akibat mika kurang perhatian sama dia.. Iya sih mika urusin semua kebutuhan dia, tapi psikis nya, bondingnya terus terang aja kurang.. Kahfi lebih dekat dengan Biza di banding mika..

Kenapa sih mika bilang kaya gitu? dan Kenapa sih mika bisa kaya gitu?..

Terus terang aja pas mika lahiran Kahfi itu adalah saat yang paling membuat mika trauma dan stress.. Awalnya sih semua terasa sempurna.. Ayah, ibu dan adik-adik mika dari bandung dateng ke pekanbaru untuk jenguk mika lahiran, terus mika lahiran di kelas VIP yang nyaman banget, dan pulang ke rumah semua di urusin sama ibu.. Tau sendirilah kalau di urus sama ibu sendiri itu kaya gimana.. Kesannya kaya ada 2 bayi kali yah di mata ibu mika waktu itu.. hehe.. Kalau kahfi bangun tengah malam, ibu mika ikut bangun.. Nemenin mika nyusuin kemudian ibu mika yang sendawain dan gendong kahfi sampai tidur.. Pokoknya recovery pasca lahiran itu enak banget pas ada ibu.. Love you mom.. 

Masalahnya muncul ketika ibu mika pulang 3 minggu abis mika lahiran.. Kondisi mika saat itu belum bisa duduk di bawah karena jaitannya kerasa ngilu gitu.. T_T.. Tapi gimana lagi, mika juga maklum ibu masih punya tanggung jawab lain yaitu adik-adik mika.. Sebenernya kalau soal ngurus bayi secara basic, ibu mika ngajarin juga kok.. Buktinya saat mika seharian mika cuma berdua sama kahfi aja mika bisa (kondisi biza kerja). 

Setelah itu mika banyak di nyinyirin.. Semua yang mika lakuin selalu salah, mika di anggap lambat, ga bisa ngapa-ngapain, malas, so tau, dan ngebuka lagi traumanya mika lahiran SC.. karena dianggapnya mika itu lemah makanya di operasi dan mika tuh mau-maunya aja di suruh dokter operasi.. Dibandingin terus sama ibu yang ngelahirin normal dengan anak yg beratnya 4,4kg.. Belum lagi soal ASI mika yang slalu di anggap sedikit jadi selalu di suruh campur ini-itu aja.. Ah, pokoknya mika stress banget waktu itu.. Ga perlulah mika bilang siapa yang melakukannya dan kenapa biza ga bisa melakukan apa-apa saat itu.. Alasannya ya karena kami ga bisa melawan.. 

Sedih, sakit hati, marah, dendam, pokoknya semua perasaan negatif datang di kala itu yang menyebabkan mika merasa jadi ibu dan istri paling "bodoh" sedunia. T_T. Istilahnya baby blues mengarah ke depresi kali yah.. Ini aja mika nulisnya sambil agak kebawa emosi .. hehe.. Disitulah awal mula mika merasa bahwa kahfi adalah "beban" di hidup mika. Mika jadi kurang senang punya anak, nyesel nikah juga, rasanya semua cuma bikin mika susah dan kacau aja, nambah kerjaan, di salah-salahin, dan disuruh-suruh mulu.. Kebayang ga rumitnya emosi mika saat itu?..

Ternyata setelah mika tenang saat ini, evaluasi dari masalah mika saat itu adalah :
  1. Kesakitan dan kelelahan pasca operasi dan pindahan rumah.
  2. Kurang istirahat karena baru punya bayi.
  3. Kurang cocok sama makanan.
  4. Jauh dari lingkungan yang positif.
  5. Tidak punya teman cerita.
  6. Kurang ilmu parentingnya (si biza apalagi).
  7. Fasilitas dan kondisi rumah mika saat itu sangat minim.. Kamar mandi masih di luar rumah, ga punya mesin cuci, ga punya AC, belum bangun dapur, dan ga punya tempat nyuci piring (namanya baru nikah, pindahan, tabungan juga ga banyak karena abis sama nikahan, beli dan benteng sekeliling rumah).
  8. Kaget karena serumah dengan orang yang adatnya dan kebiasaannya beda.

Tapi emang ngeri hasil dari kondisi psikis mika saat itu, mika jadi cuek gitu punya anak teh.. Yang mika fikirin tu cuma gimana ini anak jangan sampai sakit, mau makan, bisa jalan, fisiknya bagus dan ga ngeribetin mika (pakai pampers dan dot terus).. Karena kalau ga gitu nanti mika yang disalahin.. T_T.. Maafin mika ya kahfi.. 

Efeknya tuh kerasa banget sekarang.. Disaat kahfi segede gini (3y8m tapi badan kaya anak umur 5 tahun) banyak perkembangan yang terlambat.. Ngomongnya, Toilet trainingnya dan Picky eaternya.. Yang mika berhasil sejauh ini soal weaningnya kahfi dari dot, kebiasaan membaca doa, sholat, dan kemandiriannya.. Harapannya semoga emosi buruk mika di masa itu bisa terselesaikan dengan baik, supaya tidak ada lagi penyesalan di masa depan dan semoga kahfi bisa mengejar keterlambatan perkembangannya itu dan tumbuh sesuai usianya.. Aamiin..

Kenapa hal itu ga terjadi sama mishary? Karena pas lahiran mishary mika udah punya pengalaman dari kahfi itu kan? jadinya ya ga mau kaya gitu lagi.. Nah berikut mika rangkum, siapa tau disini ada buibu yang sedang mengalami hal yang mika alami itu..

Jadi inilah tahap penanganan melawan stress jadi ibu ala mika :
  • Bertaubat dan perbanyak istigfar.
    • Hal paling pertama yang mika lakukan ketika sadar mika salah yaitu bertaubat, ya walaupun mika merasakan perasaan buruk itu karena orang lain yaudah mika bertaubat aja biar mika ga kebawa emosi terus dan mika slalu mendoakan agar dia yang menyakiti hati mika di bukakan pintu hatinya dan ditutup mulutnya dari perkataan yang menyakiti orang lain..
  • Banyakin bersyukur.
    • Ga semua orang punya kesempatan di beri keturunan, jadi apakah benar jika mika merasa bahwa punya anak dan menikah itu adalah beban?. Jadi mika banyakin bersyukur terutama bersyukur karena sudah di beri kesempatan dan kesadaran lagi sehingga bisa bebenah diri..
  • Abaikan yang lain, utamakan kebutuhan keluarga sendiri.
    • Mika sekarang ga terlalu open masalah-masalah keluarga lain, walaupun orang cerita ya cuma cukup tau aja.. ga sampe mika fikirin dan renungin lagi.. buang-buang waktu.. Intinya yang ga perlu mika tau, yang cuma bikin hati mika cenat-cenut yaudah ga mika denger.. Main sama kahfi, mishary dan biza aja yg jangan sampai skip.. Karena ternyata yang anak" dan suami mika perlukan itu adalah keberadaan mika yang sepenuhnya, bukan yang lain..
  • Memaklumi dan maafin diri sendiri
    • Ga masalah kalau kita ga jadi ibu dan istri yang sempurna banget, ga semua hal harus kita pegang dan hasilnya harus bagus.. Cape ya tidur, laper ya makan, lagi males masak-beli aja, males gosok baju-biar aja/laundry, rumah berantakan-bersyukur berarti anak" sehat, kalau dateng tamu baru beresin.. hahaha..  
  • Belajar soal ilmu parenting kekinian dan berteman dengan sesama ibu milenial
    • Mika belajar kebanyakan dari ibu-ibu milenial karena rasanya senasib dan lebih update aja gitu.. hehe.. Di blog ini juga mika sharing supaya buibu lain sebaya mika bisa tercerahkan juga ya..
  • Sabar karena semuanya berproses
    • Ga ada hal yang instant, jadi sabar dengan proses yang dilalui.. Dengan kesabaran kita akan tenang, dengan ketenangan segalanya akan selesai dengan baik..
  • Percaya diri
    • Gausah bandingin diri/anak/keadaan kita dengan orang lain, percaya deh semua orang punya masalahnya masing-masing.
  • Kerja sama dan komukasi intens dengan pasangan
    • Komunikasikan segala hal ke pasangan membuat beban yang tadinya terasa berat jadi ringan, tapi perhatikan mood dan suasana juga ya.. Jangan asal cerita biar ga malah jadi ribut.. hehe..

Mika bukan ibu yang sempurna tapi juga bukan ibu  yang gagal.. Mika biasa aja di antara keduanya.. Kesalahan mika di masalalu yang cuek dengan anak menjadikan mika yang sekarang ini.. Mika yang lebih peduli dengan tumbuh-kembang anak.. Lebih cape dari biasanya pasti, karena kahfi ga mika kasih dot sama sekali dari 7 bulan lalu, kalau mishary emang dari usia 5 bulan ga nge-dot lagi (jadinya mika harus ngasih susu dan ASI pakai gelas yang ga praktis dong kan?) tapi mika happy aja karena ga cape hati, cuma cape badan aja yang ilang kalau mika tidur.. 

Segitu dulu sharing mika soal stress ketika jadi ibu dan penanganannya, semoga bisa bermanfaat bagi buibu semuanya.. 

Jangan lupa untuk sharing dan komen juga ya..

Makasih.. 

Post a Comment for "Stress ketika jadi ibu dan Penanganannya"