Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perkembangan Anak usia 4 tahun dengan Speech Delay

Pada kesempatan kali ini mika ingin kembali sharing mengenai perkembangan anak sulung mika yang saat ini genap berusia 4 tahun 6 bulan. Mohon maaf sebelumnya jika mika nulisnya masih acak-acakan dan jarang.. Pengennya berurut dan rutin supaya runut ceritanya kan yah?, tapi apa daya waktu dan kondisi membuat mika jarang banget punya waktu buat nulis blog secara rutin.

Kedepannya mika akan lebih rajin nyempetin waktu buat sharing disini, siapa tau sharingnya mika ini bisa bermanfaat semuanya terutama untuk para ibu dan calon ibu.

Ga terasa sekarang kahfi anak sulung mika sudah berusia 4 tahun setengah, di saat anak-anak berusia ini sudah masuk PAUD bahkan TK-A kahfi masih menjalani terapi. Ada perasaan iri, tapi mika sadar diri bahwa kemampuan setip anak itu berbeda. Mika tidak mau latah ikut-ikutan masukin anak mika sekolah sementara mika tau bahwa kahfi belum "siap" untuk sekolah. 

Kalau yang belum tau kenapa kahfi terapi bisa baca disini aja ya.. Rencananya jika pada usia 5 tahun nanti perkembangan kahfi sudah semakin membaik barulah akan mika masukan ke TK. So, tugas mika saat ini adalah menyiapkan kahfi supaya "siap" untuk bersekolah pada tahun depan.

Sebelumnya akan mika jabarkan seperti apa sih perkembangan anak usia 4 tahun seharusnya dan bagaimana dengan kondisi kahfi pada kenyataannya ya..

Bagaimana sih perkembangan Anak Pada Usia 4 tahun?

Pada Usia 4 tahun, karakteristik tumbuh kembang anak ditandai dengan pesatnya kemampuan motorik kasar dan motorik halus. Perkembangan kemampuan bicara, berbahasa, kreativitas, keterampilan sosial, emosional, intelegensi anak usia ini berjalan sangat cepat, bahkan moral dan kepribadiannya juga mulai terbentuk.

Untuk tahap perkembangan bayi dan balita sebelumnya mika pernah share disini. Tapi mika coba jelaskan secara rinci ya..

Kemampuan Motorik Halus

Koordinasi antara mata dan tangan pada anak usia 4 tahun semakin tajam, kemampuan motorik halus yang seharusnya sudah dimiliki adalah :
  • Mampu mengambil benda yang berukuran sangat kecil.
  • Menyelesaikan puzzle sederhana.
  • Mampu mewarnai tanpa keluar garis gambar.
  • Mulai mengikuti gambar yang dibuat orang lain, beberapa bentuk yang biasanya sudah bisa dibuat adalah tanda silang, lingkaran, kotak, segitiga dan orang-orangan meski belum terlalu jelas.
Meski terlihat sederhana ternyata menggambar memiliki manfaat yang sangat besar untuk anak, yaitu meningkatkan daya imajinasi dan kreativitasnya.

Kemampuan Motorik Kasar

Kelincahan anak pada usia ini semakin terlihat, berikut kemampuan motorik kasar yang seharusnya dimiliki oleh anak usia 4 tahun :
  • Anak bisa berdiri seimbang dengan satu kaki selama 1-6 detik.
  • Melompat-lompat di tempat dengan satu kaki juga mulai dapat berjalan sambil melompat.
  • Mulai pandai menari dengan gerakan sederhana.
  • Dapat naik dan turun tangga sendiri.
  • Mulai bisa mengendarai sepeda roda tiga.

Kemampuan Sosial dan Emosional

Kemandirian adalah hal yang paling terlihat pada kahfi saat menginjak usia 4 tahun. Sebisa mungkin dia akan melakukan semua hal sendiri tanpa meminta bantuan orang lain. Hal ini normal, karena kemampuan sosial dan emosional pada usia ini adalah :
  • Mampu mencuci tangan dengan benar dan mengeringkannya sendiri.
  • Membantu menyiapkan sarapan sederhana sendiri misalnya sereal dan roti.
  • Dapat memakai baju berkancing sendiri.
  • Dapat menggosok gigi sendiri.
  • Senang bermain kartu berpola.
  • Tidak rewel dan dapat bersikap tenang saat ditinggal pergi sebentar.

Kemampuan Komunikasi dan Bahasa

Nah pada kemampuan komunikasi dan Bahasa pada kahfi masih banyak banget peernya, namun secara umum perkembangan kemampuan komunikasi dan bahasa pada anak usia 4 tahun adalah :
  • Dapat menyebutkan nama lengkapnya sendiri tanpa dibantu.
  • Senang menyebutkan kata-kata baru.
  • Senang bertanya tentang sesuatu.
  • Dapat menjawab pertanyaan dengan benar.
  • Bicaranya sudah mulai dimengerti.
  • Dapat membandingkan sesuatu dari ukuran dan bentuknya.
  • Dapat menyebutkan nama-nama hari.
  • Sudah mengenal angka dan dapat menghitung jari.
  • Sangat senang bernyanyi dan liriknya sudah benar.
Pada kasus kahfi sendiri komunikasi yang terjadi masih satu arah, kahfi belum terampil menjawab pertanyaan sederhana dari mika. Dia masih mengalami ecolalia alias membeo. Jadi apa yang mika katakan hanya di ulang saja. Tapi sekarang kondisinya sudah lebih membaik, ada beberapa hal yang mungkin sudah lebih dia mengerti sehingga bisa dia jawab.

Kapan kita harus merasa khawatir dan melakukan pemeriksaan?

Untuk memastikan tidak ada keterlambatan atau masalah tumbuh kembang pada anak, maka kita sebagai orang tua harus sangat perhatian dan telaten untuk membantu anak mengembangkan motorik kasar, motorik halus, emosional dan bahasanya. Jika dalam beberapa kriteria tadi anak kita hanya ada satu poin yang menguasai alangkah baiknya segera dibawa periksa ke dokter tumbuh kembang. Karena bergerak lebih cepat akan lebih baik.

Seperti pernah diceritakan disini bahwa mika telat membawa kahfi terapi akibat tidak adanya dukungan keluarga. Seharusnya dari usia 24 bulan kita sudah bisa ngeuh atas red flag atau tanda yang dialami anak speech delay. Alhamdulillahnya kahfi bisa mengikuti keterlambatannya hanya saja kita sebagai orang tua harus ikut serta dengan aktif, jangan hanya ngandelin terapi terus berharap anak akan bisa dengan sendirinya. Orang tua dengan anak speech delay seperti mika harus mau "cape" menstimulus anak supaya keterlambatan perkembangannya bisa diatasi.

Apa yang bisa dilakukan di rumah untuk menstimulasi perkembangan anak usia 4 tahun?

Pola asuh yang tepat adalah kunci supaya anak bisa tumbuh dan berkembang sesuai usianya. Pada usia anak 4 tahun kita bisa memberikan stimulus dengan cara lebih sering bermain. Tujuan dari bermain ini adalah untuk membantu anak mengekspresikan perasaan dan mengasah keterampilannya.

Beberapa jenis permainan yang dapat dilalukan adalah : 
  1. Main pasir.
  2. Bermain peran.
  3. Melukis dan menggambar.
  4. Mengajak anak memasak (mengarahkan untuk mengambil bahan masakan, memilah sayur, belajar menghitung dan menakar).
  5. Bermain susun balok atau membangun menara bersama untuk melatih kerjasamanya.
Selain mengajaknya bermain, kitapun jangan pelit dalam memberikan pujian pada anak jika dia berhasil melakukan hal baik dan berhasil mengerjakan tugasnya. ya buibu..

Kesimpulan

Setelah mengetahui perkembangan anak 4 tahun ini apabila ada yang di rasa anak kita belum meguasai, maka cobalah stimulasi sendiri terlebih dahulu. Jika setelah di stimulasi tidak ada perubahan yang signifikan, maka jangan ragu untuk menanyakannya ke Ahli Tumbuh kembang anak. Kita sebagai orang tua memang tidak boleh terlalu khawatir secara berlebihan, tapi tidak boleh menjadi denial (cuek).

Intinya semakin cepat anak ditangani, maka semakin cepat juga dia bisa mengejar keterlambatannya.

Semangat ya buibu.. salam hangat.. mika.. ❤

Post a Comment for "Perkembangan Anak usia 4 tahun dengan Speech Delay"