Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cerita Perjuangan Beli Mobil Pertama Setelah Menikah

Postingan ini agak telat untuk mika buat sebenernya, tapi supaya mika bisa inget lagi gimana cerita perjuangan punya mobil pertama yaudahlah mika tulis disini aja.. 


Pas mika nikah sama biza di tahun 2017 kami memulainya dari 0, jangankan mikirin punya mobil, kami punya rumah sendiri aja udah seneng banget.. Kendaraan yang kami punya saat seudah nikah itu adalah motor. Kemana-mana naik motor, bahkan saat mika hamil. Padahal kata orang jangan sering momotoran kalau lagi hamil, bahaya.. Tapi gimana lagi kami punyanya cuma motor dan tiap hari harus berangkat kerja. Pergi pagi-pulang magrib naik motor di jalanan komplek yang masih tanah merah.. Naik Grab/Gojek belum ada waktu itu cuma ada taxi.. Boncos dong kalau tiap hari naik taxi mah.. hehe


Baca Juga : Cerita perjuangan beli rumah 


Ketika kahfi lahir mulailah ada keinginan untuk punya mobil, asa kasian aja gitu dia kalau kena ujan, angin dan panas kalau dibawa jalan-jalan pakai motor.. Tapi apa daya uang kami belum ada.. Kalau untuk bayar DP aja mah ada sih, tapi buat bayar cicilannya ga ada.. haha.. Jadi kami tahan-tahanlah keinginan itu sambil terus ikhtiar ngumpulin uangnya.. Ga terasa usia kahfi udah setaun dan mika hamil lagi.. Kebayang ga mika lagi hamil besar terus bawa anak kecil kemana-mana pakai motor? itulah kondisi keluarga kecil mika.. 


Berharap pas lahir mishary bisa punya mobil tapi ternyata meleset.. Kami yang udah berempat masih pakai motor.. Tiap hari mika antar anak-anak ke paud (Mishary umur 4 bulan dan Kahfi usia 2 tahun 5 bulan) pagi sebelum kerja dan di jemput sore sepulang kerja.. Demi melindungi mishary dari angin, mika kasih selimut tebel.. Ribetnya tuh kalau mishary minta nen.. Deuh terpaksa mika harus nenein dia di motor pakai apron, karena kalau engga dia ngamuk kemudian kahfi kepancing ikut tantrum, jadinya mika akan lebih susah.. T_T Makanya mau ga mau mika harus prepare apron di leher sepanjang jalan pulang.. 


Naik motor itu enak sebenernya.. Lebih cepet sampai, bisa lewat jalan-jalan sempit, kena angin sepoy-sepoy, dan karena jarak pandang luas anak-anak jadi anteng kalau di motor.. Cuma ga enaknya itu kalau hujan, kami harus neduh sampai reda, kalau cuaca  panas banget kami juga harus neduh dulu sampai teduh soalnya suka sakit kepala, dan ga bisa bawa barang banyak sementara bawaan kami itu banyak sampai tas anak-anak jatoh pun ga kerasa.. Sedih bangetlah waktu itu..


Kapan sih kita pantes buat punya mobil?


Itu pertanyaan yang selalu terbesit di fikiran mika.. Berhubung mika orangnya overthingking jadinya mika udah mikir jauhhhhh banget kemana-mana.. Menurut mika ini mah ya, beli mobil itu gampang kalau ada uangnya.. Dan uang buat punya mobil itu ga cukup dengan cuma punya uang buat belinya doang loh.. Kita harus fikirkan biaya-biaya lainnya.. Ini list standard mika untuk bisa disebut mampu buat beli mobil..


List Standard Untuk Punya Mobil :

  1. Bisa Nyetir dan Punya SIM A, ini ga usah di tanya lagi kepentingannya ya.. Buat apa kita punya mobil tapi ga bisa nyetir dan sebagai warga negara yang baik kita harus punya SIM A. Kalau belum bisa nyetir kita perlu cost tambahan buat ikut kursus mengemudi dulu, begitupun dengan SIM A yang harus kita urus dulu kalau belum punya. 
  2. Garasi, ini penting banget.. Jangan sampai kita punya mobil tapi ga punya garasi.. Karena selain ga aman, kita juga mengganggu kepentingan umum kalau mobil kita parkir di jalanan umum.
  3. BBM (isi bbm mobil ga kaya motor 20rban udah full). Udah ada uang lebih belum buat beli BBM? jangan sampai kita beli mobil tapi mobilnya terduduk manis di garasi aja gara-gara ga ada budget buat beli BBMnya.
  4. Pajak tahunan, lagi-lagi pajak tahunan mobil itu ga sama kaya pajak motor yang cuma ratusan ribu.. Kalau penghasilan kita bulanan coba cek pajak mobil yang kita mau di bagi 12 masuk ga sama budget kita?.
  5. Perawatan rutin, ganti oli dan sparepart mobil itu ga murah.. Ini juga biaya yang harus kita siapkan kalau punya mobil kelak supaya mobil kita selalu dalam kondisi prima.
  6. Perubahan tempat nongkrong, kalau bawa mobil rasanya susah buat parkir di jalan-jalan sempit otomatis kita akan lebih senang kalau bisa pergi ke tempat yang parkirannya luas. Tau sendirilah kalau parkiran luas, jajanannya kaya gimana.. hehe


Nah, setelah berfikir panjang.. Di tahun 2020 akhirnya mika rasa udah siap buat punya mobil.. Selain tabungan buat beli dan blablablanya udah kekumpul, gaji mika dan bizapun ada kenaikan.. Jadi mika juga punya tambahan budget pengeluaran bulanan untuk mobil.. Tujuan mika ingin beli mobil itu bukan buat gaya-gayaan, tapi emang butuh supaya aman, nyaman bawa anak-anak dan barang pas nganter ke paud. Tapi masalahnya di saat itu mika bimbang juga antara beli mobil baru atau second karena keduanya itu ada plus-minusnya.. Berikut mika share plus-minus beli mobil second dan baru bagi keluarga kecil yang baru merintis kaya mika ini..


Plus-Minus Mobil Baru kalau nyicil :

  1. Kita jadi pemilik pertama mobil tersebut sehingga untuk ngurus surat dan pajaknya gampang.
  2. DP dan syarat membeli mobil baru lebih mudah sekarang ini.
  3. Kondisi mobil pastinya masih bagus banget.
  4. fikirkan baik-baik soal cicilan perbulannya (jangan sampai lebih dari 35% penghasilan). Ingat jika ga bisa bayar cicilan, bisa-bisa mobil kita di tarik leasing dan DP hangus=Rugi.
  5. Jika menurut budget yang mika buat, mobil yang seharga budget tersebut kalau beli baru kurang nyaman buat kami.

       

 Plus-Minus Mobil Second :

  1. Bisa dapet mobil spek tinggi dengan harga murah.
  2. Usahain kalau beli mobil second jangan di tambah harus nyicil ya sesuai budget aja karena kita perlu biaya perawatan dan balik nama.
  3. Kita bukan pemilik pertama mobil tersebut jadi harus cepet ngurus balik nama, jangan sampai pemilik sebelumnya keburu pindah nanti ribet.
  4. Cari mobil harus dengan kondisi bagus kalau perlu bawa teknisi buat ngecek mobilnya.
  5. Ada biaya perawatan yang pasti harus keluar.


Akhirnya kami putusin untuk beli mobil second aja karena kalau beli baru harus nyicil juga ujung-ujungnya sebab uang kami kurang banyak buat beli mobil baru cash ternyata.. hahaha.. Kalau second bisalah diusahakan cari yang budget sesuai tabungan kami (beli cash) plus bisa dapet mobil speknya kerenan dikit.. hehe.. 


Baca juga : Manajemen Keuangan Keluarga (1)


Mika sama biza beda selera juga nih soal mobil.. Biza lebih suka mobil sedan, sedangkan mika suka mobil tinggi.. Akhirnya kami carilah mobil idaman kami sekeluarga.. Dapatlah kami mobil honda stream warna merah tapi sayangnya uang kami kurang dikit, padahal kondisi mobilnya bagus dan cocok sama keinginan keluarga kami.. Nyari pinjeman ga ada yang ngasih, jadinya kami minta waktulah ke yang punya untuk ngumpulin uangnya dulu.. Tapi pas uangnya ada, eh.. mobilnya udah terjual.. Artinya kami ga berjodoh sama mobil itu.. 


Sempet ilang semangat gara-gara kejadian itu, tapi akhirnya kami cari lagi.. Tiap jam istirahat kerja dan weekend, mika dan biza cari-cari mobil aja kerjanya.. Soalnya kalau di nanti-nanti pas ada uangnya takut kepake yang lain-lain.. Kami nyari-nyari waktu itu dapet data dari OLX, terus kami samperin ke tempatnya langsung supaya bisa liat kondisi mobilnya.. Sekian lama mencari ga ada yang cocok terus, akhirnya kami ketemu deh sama mobil mazda tribute.. Dari segi tampilan oke (gagah), mesin oke, budget masuk dan setelah biza ngecek 3 kali mobil itu bawa orang yang ngerti mesin juga.. Akhirnya kami beli mobil itu, mobil pertama kami sampai hari ini.. Untuk spesifikasinya sendiri nantilah mika cari filenya dulu ya..


Mobil Pertama
Garasi Sebelum Ada Mobil

Mobil Pertama
Garasi Setelah Ada Mobil

Intinya, jika kita ingin sesuatu fikirkanlah baik-baik, emang beneran perlu atau engga, mampu atau engga, jangan memaksakan apapun di luar kemampuan kita.. Kemudian ikhtiarkan insyaallah pasti bakal dapet.. Jangan cepat menyerah jika apa yang kita inginkan ga sesuai, karena belum tentu yang kita inginkan itu adalah yang terbaik untuk kita..


Semangat Buat Kita Semua..


Post a Comment for "Cerita Perjuangan Beli Mobil Pertama Setelah Menikah"